Ini Tampang Pelaku yang Todong Airsoft Gun ke Anggota PPSU Saat Tebang Pohon di Jaksel

ERA.id - Polisi telah menangkap pria berinisial FA yang menodongkan pistol ke sejumlah anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Komplek Buncit Indah, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (Jaksel), Selasa (15/10/2024) silam. Pistol yang ditodongkan pelaku ternyata airsoft gun.

"Airsoft gun, nanti kita dalami (pelaku belinya di mana), Airsoft gun itu kan bisa beli online dan lain-lain," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Gogo Galesung kepada wartawan, Kamis (17/10/2024).

Pria ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Dari foto yang didapat, FA tampak berambut panjang, berkumis tipis, dan memiliki tato di lengan kanannya. Dia telah memakai baju tahanan.

"(Pelaku FA dijerat dengan) pasalnya Undang-Undang Darurat dan (Pasal) 335 KUHP (tentang) ancaman dengan kekerasan," ucapnya.

Gogo belum mau mengungkapkan pekerjaan pelaku. Dia hanya menyebut pria ini menodongkan airsoft gun ke sejumlah anggota PPSU karena kesal.

"Kronologis singkatnya petugas PPSU pengen melakukan penebangan pohon, mungkin bagi tersangka itu berisik ya, mengganggu. Terus tersangka marah-marah dan setelah itu menodongkan, pistol airsoft gun," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan kejadian berawal ketika AS, RM, YS, AA, dan LG sedang menebang pohon depan rumah pelaku. Tak lama setelah itu, FA memaki para anggota PPSU itu dari jendela lantai dua rumahnya.

"Dan selanjutnya pelaku mengacungkan senjata api jenis pistol ke arah karyawan PPSU untuk memberhentikan aktivitas penebangan pohon," kata Ade kepada wartawan, Rabu (16/10/2024).

Para anggota PPSU takut ketika diacungkan pistol. Mereka lalu melaporkan hal ini ke Lurah Pejaten Barat Asep Ahmad Umar kemudian ke polisi.