Ada 2.925 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Tahun Ini

ERA.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat bahwa sepanjang tahun 2020 telah terjadi 2.925 kejadian bencana alam yang terhitung sejak Rabu (1/1) hingga hari ini Selasa (29/12/2020).

Data yang dihimpun BNPB, bencana yang terjadi didominasi bencana alam hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Dari jumlah kejadian bencana tersebut, bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung masih dominan pada tahun ini," kata Kepala BNPB Doni Monardo.

Berdasarkan rincian data bencana hidrometeorologi, kejadian banjir telah terjadi hingga sebanyak 1065 kejadian. Kemudian bencana yang disebabkan oleh angin puting beliung terjadi sebanyak 873, dan tanah longsor 572 kejadian. Selanjutnya untuk karhutla telah terjadi sebanyak 326, gelombang pasang dan abrasi 36 kejadian, dan kekeringan terjadi sebanyak 29 kejadian.

Sedangkan untuk jenis bencana geologi dan vulkanologi, Doni menyampaikan bahwa kejadian gempa bumi telah terjadi sebanyak 16 kali dan tujuh kejadian untuk peristiwa erupsi gunung api. 

Dari total keseluruhan kejadian di sepanjang 2020, korban meninggal dunia akibat dampak bencana alam sebanyak 370 jiwa, 39 orang yang hilang, dan 536 mengalami luka-luka.