Pensiun Jadi Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo Banting Setir Jadi Tukang Las

ERA.id - FX Hadi Rudyatmo telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo pada Rabu (17/2). Setelah tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Solo, Rudy ternyata punya aktivitas baru yakni menggeluti usaha bengkel las yang sudah lama ditinggalkannya.

Ditemui di bengkel las yang terletak di depan rumahnya di Pucangsawit, Jebres, Solo, Rudy tampak sedang asyik menggeluti profesi lamanya. Meski begitu, ia mengaku agak kaku dalam mengelas, sebab sudah lama tak mencobanya.

"Sudah lama nggak ngelas, jadi agak nggak lancar," katanya Jumat (19/2/2021).

Usaha las sebenarnya sudah ditekuni Rudy sejak tahun 1983 lalu. Namun, pekerjaan ini sempat ditinggalkannya karena memiliki kesibukan sebagai Wakil Wali Kota dan Wali Kota Solo selama 15 tahun.

"Ilmunya kan tidak akan hilang. Bisa ngelas ya dimanfaatkan, yang penting halal," katanya.

Kegiatan ini sekarang menjadi kesibukan yang ditekuninya, disamping melakukan aktivitas sosial. Saat ini Rudy juga didapuk sebagai sesepuh pendidikan dari SD hingga SMA.

"Ya kalau semua untuk kepentingan masyarakat luas saya mau-mau saja," katanya.

Ia juga berjanji untuk terus beraktivitas sosial bersama masyarakat. Khususnya masih mendengarkan masyarakat golongan kecil, miskin, lemah dan tertindas. 

"Masih jalan-jalan ketemu masyarakat KMLT. Ini pesan saya untuk Ms Gibran dan Pak Teguh. Membangun apa pun tapi jangan tinggalkan KMLT," katanya.