Belasan Pemudik Terdeteksi Positif COVID-19 Saat Diperiksa di Pos Penyekatan Jabar

ERA.id - Sebanyak 15 pemudik terbukti terpapar COVID-19, saat pemeriksaan di pos penyekatan Jawa Barat. Mengimbau hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan agar pemudik jangan melakukan bermacam upaya untuk mudik. Karena mudik tahun ini, dipastikan masih seperti tahun lalu.

"Yang kita hadapi tuh virus, nggak perlu nekat, berita besarnya, terbukti ada 15 pemudik yang terpapar COVID-19, jangan merasa tahun ini berbeda dengan tahun kemarin," ungkap pria yang akrab dipanggil Kang Emil, usai lakukan peninjauan di salah satu pos penyekatan di Kawasan Cileunyi, Senin (10/5/2021).

Lima belas pemudik yang terpapar COVID-19, lanjutnya, dihimpun dari 6 Mei sampai 9 Mei 2021. Tak hanya pelacakan pemudik yang terpapar, dalam beberapa hari ini, Kang Emil mengatakan ada 60.000 kendaraan yang diputarbalikkan lantaran beresiko terpapar COVID-19 dalam perjalanan.

"Kalau ini dibiarkan, secara teori akan ada sekian persen masyarakat di kampung atau dalam perjalanan akan terpapar dari carrier. Kasihan orang tua dan tetangga di kampung halaman kalau sampai terpapar," ujarnya.

Katanya, pelarangan ini bukan tanpa alasan. Melarang masyarakat mudik, lanjut Ridwan Kamil, merupakan upaya pemerintah dalam membereskan COVID-19.

"Dalam syariat Islam, karena rata-rata yang mudik itu Muslim, kalau ada kebaikan bentrok dengan kebahayaan maka syariatnya adalah mendahulukan membereskan kebahayaan. Kalau ada mudik dan COVID maka COVID-nya dulu dibereskan," papar