Bundaran Digulis Untan Pontianak Telan Korban Lagi, 1 Orang Meninggal

ERA.id - Kecelakaan beruntun terjadi di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura membuat seorang meninggal, Selasa (15/6/2021) pagi, diduga karena pengendara mobil sedang mabuk.

"Kami masih berkoordinasi dengan dokter di rumah sakit untuk memastikan apakah memang benar salah seorang pengemudi penyebab kecelakaan beruntun itu dalam pengaruh alkohol? Namun dugaan kuat pengemudi dalam pengaruh minuman keras," kata Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Rio Sigal Hasibuan di Pontianak.

Ia mengatakan pihaknya menemukan minuman beralkohol di mobil Xenia saat memeriksa kendaraan yang menjadi penyebab kecelakaan beruntun tersebut.

"Tapi apakah telah dikonsumsi atau belum oleh pengemudi? Barang bukti telah kami amankan," kata dia.

Ia juga mengatakan kejadian ini masih ditangani dan diproses, namun dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) diambil kesimpulan sementara kalau kecelakaan akibat kelalaian pengendara mobil Xenia tersebut.

"Jika dinyatakan ada unsur kelalaian dari pengemudi berinisial MN, maka kami akan menetapkan pengemudi mobil Xenia itu sebagai tersangka dan akan dikenakan pasal 310 ayat (4) UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan orang meninggal dunia," ujar dia.

Ia menyampaikan kronologis peristiwa tersebut yakni satu unit mobil Daihatsu Xenia dikemudikan YB (32) alamat Desa Bloyang Kabupaten Melawi dari arah simpang Pajak menuju Bundaran Untan. 

Di dekat traffic light Bundaran Untan, mobil YB menabrak bagian belakang sepeda motor Honda Vario yang dikendarai Sri Hidayati (44).

Tabrakan itu membuat motor korban menghantam taksi dan sepeda motor Honda PCX yang dikendarai Andri Wahyudi.

Selanjutnya mobil YB ikut menghantam taksi yang dikemudikan Suhaider Usman yang terhenti di traffic light Digulis Untan.

Peristiwa itu membuat Sri Hidayati mengalami luka di bagian kepala dan meninggal dunia. 

Sementara penumpang Daihatsu Xenia atas nama MN mengalami luka di bagian hidung. Sedangkan pengendara PCX memar di paha kiri.

Rawan kecelakaan

Sebelum insiden menyedihkan ini, pernah pula ada truk pengangkut sampah masuk ke dalam kolam air mancur Bundaran Digulis Untan Pontianak, Senin (7/6/2021).

Diduga kuat masuknya truk itu akibat kejadian kecelakaan lalu lintas tunggal sekitar pukul 04.10 WIB.

Selain itu, sebuah mobil juga pernah masuk ke dalam kolam pancuran Tugu Digulis Pontianak pada 2018 silam.

Banyak yang bertanya-tanya mengapa mobil bisa sampai masuk kolam, padahal separator di jalan cukup tinggi.

"Lagi-lagi masok kedalam itu, ade ape sebenarnye di bundaran ni semoge tidak ada korban lagi," tulis @andysyahbandii di Instagram @dailypontianak mengomentari nyemplungnya truk sampah ke dalam kolam.