Kritik Negara Gagal, Denny Siregar Sentil Ibas dan Agus: Tahu Apa Soal Rakyat Kecil, Gak Pernah Rasain Lapar dan Listrik Abis

ERA.id - Kritik Negara Gagal, Ibas dan Agus Disentil Denny Siregar: Tahu Apa Mereka Soal Rakyat Kecil? Gak Pernah Rasain Lapar dan Listrik Abis

Polemik rangkaian pernyataan dari dua petinggi Partai Demokrat terkait risiko Indonesia menjadi 'failed nation' atau negara gagal di tengah pandemi Covid-19, ditanggapi pesohor Twitter Denny Siregar.

Melalui cuitannya pada Minggu, (11/7/2021), Denny diduga menyebut dua orang petinggi Partai Demokrat, Ketum Agus Harimurti Yudohoyono dan Waketum Edhie Baskoro Yudhoyono, dengan panggilan 'Agus' dan 'Ibas'. Ia mempertanyakan seberapa paham kedua orang tersebut soal rakyat kecil.

"Emang Agus sama Ibas tahu apa tentang rakyat kecil?" cuit Denny.

"Mereka sejak kecil hidupnya sudah senang. Belum pernah rasakan lapar karena kesulitan ekonomi. Atau nggak bisa bayar listrik."

"Hidup mereka penuh fasilitas, nggak pernah berjuang dari bawah. Terus bicara atas nama rakyat?? Rakyat elit kali.."

Denny Siregar beberapa kali membuat cuitan tentang para petinggi Partai Demokrat itu. Pada 9 Juli, ia mencuit soal pembatalan SEA Games di Vietnam akibat tingginya kasus Covid-19. Ia berasumsi Ibas akan menganggap Vietnam sebagai 'failed nation' atau negara gagal karena wabah Covid-19 tersebut.

Polemik 'negara gagal' muncul dari mulut Waketum Partai Demokrat Ibas saat ia mempertanyakan kapan Indonesia bakal terbebas dari wabah Covid-19. Dalam pernyataannya, Ibas mengaku tak ingin Indonesia jadi negara gagal karena tak sanggup tangani Covid-19.

"Begini ya, Covid-19 makin 'mengganas'. Keluarga kita, sahabat kita, dan orang-orang di lingkungan kita banyak yang terpapar bahkan meninggal dunia. Sampai kapan bangsa kita akan terus begini?" demikian sebut Ibas dalam pernyataan tertulis yang dibagikan Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Rabu, (7/7/2021).

"Jangan sampai negara kita disebut sebagai failed nation atau bangsa gagal akibat tidak mampu menyelamatkan rakyatnya."

Belakangan, Agus atau biasa dijuluki AHY, ikut berkomentar terkait cara pemerintah tangani pandemi. Ia bahkan menyorot melorotnya posisi ekonomi Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah (lower-middle income) menurut Bank Dunia per 1 Juli 2021.

Di tengah penurunan kemampuan ekonomi, AHY lantas bertanya soal penyelamatan rakyat kecil. Ia menyatakan ini lewat rilis pers pada Rabu, (7/7/2021).

"Masalah gentingnya, bukan di mana status kelas kita saat ini, tapi mampukah negara ini menyelamatkan rakyatnya dari Covid-19?"

Pada 8 Juli, Denny Siregar juga sempat membuat cuitan terkait kondisi ekonomi Indonesia. Ia melampirkan sebuah artikel berita terkait kondisi Jepang dan Vietnam yang kesusahan menangani pandemi Covid-19.

"Nih, yang kemaren nyalah-nyalahin @jokowi, terutama orang-orang @PDemokrat. Bukan cuman Indonesia aja yang dihantam gelombang kedua ini, tapi Asia."