Lakukan Sidak di Mal Tangerang, Menko PMK Sebut Banyak Pengunjung Tak Jalankan Protokol Kesehatan

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melalukan inspeksi mendadak (Sidak) di pusat perbelanjaan Kota Tangerang. Sidak yang dilakukan di TangCity Mall jelang malam pergantian tahun 2022 ini bertujuan untuk mengendalikan pergerakan orang di masa Pandemi Covid-19, Jumat, (31/12/2021)

Muhadjir memantau pengunjung Mall. Dirinya menemui sejumlah pengunjung yang tak menjalankan protokol kesehatan. Seperti anak yang tak mengenakan masker.

"Tadi saya cek, dan ternyata mal-nya (Tangcity Mall) sudah padat, walaupun masih ada beberapa jam lagi untuk pergantian malam tahun baru," ujarnya

Dirinya juga memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. Rombongan Muhadjir juga membagikan masker bagi para pengunjung.

Menteri Muhadjir bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tangerang melakukan pengecekan perihal kapasitas dan suasana yang ada di pusat perbelanjaan tersebut. Juga penerapan protokol Covid-19, seperti cek suhu hingga aturan scan QR code PeduliLindungi di sejumlah tenant.

Dalam pantauan tersebut, Muhadjir terkejut dengan kapasitas Mall yang dipadati oleh pengunjung. Memang terdapat beberapa area yang nampak dipadati pengunjung hari ini. Seperti area bermain anak hingga pusat jajanan yang ada di mal.

"Area anak cukup padat ya, dan tadi saya tanya ke mereka, ternyata memang ini adalah kali pertama membawa anak ke mal selama pandemi," ucap Muhadjir.

Makanya, ia memberikan imbauan kepada pihak pengelola Tangcity Mall untuk bisa mentaati aturan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Terutama soal pembatasan jam operasional di malam tahun baru 2022.

"Untuk malam pergantian tahun baru saya minta untuk bisa mentaati pembatasan jam operasional dan sejumlah larangan yang sudah diatur pemerintah daerah serta pusat. Kita juga minta agar adanya penerapan QR code PeduliLindungi," kata Menteri PMK.

Building Manager Tangcity Mall, Rawanto mengakui kalau mal yang dikelolanya ada kenaikan jumlah pengunjung di hari terakhir tahun 2021.

"Betul memang terjadi peningkatan pengunjung ya, ada sekitar 30 persen peningkatan," ujar Rawanto.