Sentil Mendikbudristek Nadiem Makarim, Jokowi: Ada yang Nggak Semangat di Kementerian

ERA.id - Presiden Joko Widodo menyentil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait pengadaan barang dan jasa di kementeriannya.

Penyebabnya, Kemendikbudristek baru menyerap anggaran sebesar Rp2 triliun dari Rp29 triliun yang telah disediakan.

Hal ini disampaikannya saat memberi pengarahan kepada menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan badan usaha milik negara (BUMN) tentang aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

"Tadi pagi saya cek baru Rp2 triliun, ini kelihatannya ada yang enggak semangat di dalam kementerian," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Dia juga menyentil kebiasaan membeli barang impor. Padahal, kata Jokowi, Indonesia mampu untuk memproduksi barang-barang seperti kursi hingga laptop.

"Urusan masa beli bangku, beli kursi mau impor kita, laptop mau impor kita? kita sudah bisa bikin semuanya itu, sudah bisa bikin semuanya," tegasnya.

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta itu, kebiasaan mengimpor barang di kementerian harus dihentikan. Teguran ini juga berlaku untuk sejumlah kementerian seperti Kementerian Pertanian yang kini dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo.

Kata Jokowi, dia kerap melihat adanya barang impor di bidang pertanian saat mengunjungi masyarakat. Salah satunya, saat dia mengunjungi Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Alsintan, traktor-traktor kaya kgitu bukan high tech saja impor. Jengkel saya," tegasnya.

"Saya kemarin dari Atambua, saya lihat traktor, alsintan, saya lihat. Enggak boleh pak menteri, enggak boleh," imbuh Jokowi.

Dirinya juga turut menyoroti produk lain yang sebenarnya sudah diproduksi di Tanah Air seperti pensil hingga kertas. Tapi, sayangnya, produk tersebut masih sering diimpor sehingga membuat dirinya bingung.

"Pensil, kertas, saya cek, impor, pulpen (impor). Apa ini? kadang-kadang saya mikir, ini kita ngerti enggak sih? jangan-jangan kita nggak kerja detail sehingga enggak ngerti barang yang dibeli itu barang impor. Buku tulis impor, jangan ini diteruskan, setop," ujar Jokowi.

"Kita melompat semua kalau beli semua produk dalam negeri, meloncat pertumbuhan ekonomi kita," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Murka ke Para Menteri: Apa-apa Impor, Bodoh Banget Kita! Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!