Pelantikan Pejabat Baru, Gibran : Jangan Copy Paste Program Tahun Sebelumnya

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka  melantik pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jumat (3/6/2022). Dalam pelantikan ini Gibran meminta para aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak membuat program secara copy paste.

"Yowis, cukup jelas. (Saya melarang) copast program," katanya usai menghadiri pelantikan, Jumat (3/6/2022).

Ia meminta agar para pejabat di tingkat Balai Kota Solo mengikuti dinamika yang ada. Pasca pandemi Covid-19 ini, strateginya harus berbeda. "Harus ada inovasi," ucapnya.

Secara spesifik Gibran meminta pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk bekerja keras.

"Apalagi kami punya banyak formasi baru," ucapnya. Masalah keuangan dan pendapatan ini harus kita kontrol," katanya.

Ia juga banyak melantik lurah muda. Menurutnya pejabat di wilayah yang masih berusia muda karena mereka diharapkan bisa memberikan respon yang cepat dalam melayani masyarakat.

Namun dirinya menegaskan, banyaknya pejabat muda yang dilantik ini, semua didasarkan pada merit sistem. Yakni sistem yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi, serta kinerja sebabagai pertimbangan utama dalam pengembangan pegawai.

"Kepada bapak dan ibu yang diberi kesempatan berkarir di wilayah diharapkan bisa menjalankan tugas dengan baik," katanya.

Sebagai informasi, kali ini Gibran melantik 74 pejabat baru. Rinciannya sebanyak 2 orang merupakan pejabat eselon II, sebanyak 17 orang dari pejabat eselon III dan sisanya pejabat eselon IV.