7 Perawatan Wajah Umur 30 Tahun ke Atas agar Tetap Cantik dan Sehat

| 15 Jul 2023 07:15
7 Perawatan Wajah Umur 30 Tahun ke Atas agar Tetap Cantik dan Sehat
Ilustrasi perawatan wajah 30 tahun ke atas (pexels)

ERA.id - Perubahan kulit seiring bertambahnya usia adalah hal yang wajar, apalagi setelah menginjak 30 tahun. Untuk memperlambat penuaan dan menjaga kesehatan kulit, perawatan wajah umur 30 tahun ke atas perlu dilakukan.

Orang yang berusia 30 tahun ke atas biasanya memiliki beban tanggung jawab dan stres yang lebih lebih tinggi. Hal tersebut bisa membuat tidur kurang berkualitas, sementara stres dan tidur berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Perawatan Wajah Umur 30 Tahun ke Atas

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu pengangkatan sel kulit mati. Hal tersebut bisa memicu terbentuknya sel-sel kulit baru yang sehat sehingga wajah tampak lebih halus dan bersih. Penumpukan sel kulit mati di wajah menjadi salah satu penyebab wajah orang 30 tahun ke atas tampak kusam.

2. Melembapkan wajah

Melembapkan kulit wajah bisa membuat kulit wajah tampak lebih lembut dan cerah. Menggunakan pelembap membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit dan mengunci kelembapan sebanyak mungkin.

3. Menggunakan krim anti-penuaan

Menurut Debra Jaliman, dokter kulit bersertifikat di New York City, penggunaan produk anti-penuaan adalah hal yang penting untuk dimulai oleh orang berusia 30-an, dikutip Era.id dari Byrdie.

Krim anti-penuaan bisa menghidrasi kulit. Krim ini mengandung bahan-bahan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan. Beberapa kandungan yang dibutuhkan adalah retinoid, vitamin C, asam hidroksi, dan niacinamide.

4. Menggunakan krim mata

Salah satu bagian wajah yang pertama kali menunjukkan tanda penuaan mungkin adalah bawah mata. Penggunaan krim mata bisa mencegah atau menghilangkan garis-garis halus dan kerutan tersebut.

5. Menggunakan tabir surya

Sinar UV bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang muncul sebagai kerutan dan garis halus setelah usia 30 tahun. Jadi, Anda butuh menggunakan tabir surya.

6. Pola makan sehat

 Ilustrasi pola makan sehat (pexels)

Biasakan pola makan sehat, termasuk mencukupi kebutuhan air putih. Anda juga perlu melakukan diet sehat rendah karbohidrat yang dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit.

7. Olahraga

Olahraga menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Anda bisa meluangkan setidaknya satu jam per hari untuk olahraga.

Rekomendasi