Mengutamakan Kepuasan Pelanggan, 5 Strategi Ritel Kosmetik & Kecantikan Agar Tetap Sukses

| 20 Sep 2023 20:23
Mengutamakan Kepuasan Pelanggan, 5 Strategi Ritel Kosmetik & Kecantikan Agar Tetap Sukses
Ritel Kosmetik & Kecantikan (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Membangun ritel kosmetik & kecantikan bukanlah suatu perkara yang mudah. Dengan menerapkan strategi yang baik, maka bisnis ritel kosmetik & kecantikan tetap sukses. Hal ini karena bisnis mengutamakan kepuasan para pelanggannya. 

Dalam acara peresmian konsep dan tampilan baru gerai Guardian, Malvin Tarigan, Head of Marketing Guardian Indonesia mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan Guardian selama ini.

Berikut 5 strategi ritel kosmetik & kecantikan supaya tetap sukses dan dicintai oleh para pelanggan menurut Malvin, saat ditemui di Jl. Raya Casablanca, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan pada Rabu (20/9/2023).

Malvin Tarigan (Foto: Era.id/Adelia)
Malvin Tarigan (Foto: Era.id/Adelia)

1. Selalu Berinovasi

Malvin mengungkapkan Guardian selalu menghadirkan produk dan konsep desain ritel dengan inovasi terkini. Kehadiran inovasi terbaru membuat salah satu cara untuk menarik pelanggan. 

"Leadership apa selanjutnya? Kita selalu berinovasi, maka dari itu store ini kita hadirkan. Bagimana mendekatkan pelanggan dengan produk komersial dan premium," ungkapnya.

2. Menghadirkan Konsep Premium

Guardian juga mengusung nuansa premium yang berkualitas dengan beragam produk unggulan. Selain itu, hal ini mengundang pengunjung untuk merasakan dan menikmati sensasi pengalaman berbelanja.

"Ini store dengan konsep premium. Pasti looknya terlihat lebih fresh. Costumer ingin produk dan store terlihat lebih baik dan menarik," katanya.

3. Hadirkan Tester

Tester Guardian (Foto: Era.id/Adelia)
Tester Guardian (Foto: Era.id/Adelia)

Guardian juga selalu menghadirkan tester. Jika pelanggan mencoba tester, maka mereka memberikan sebuah penilaian terhadap produk dan memahami produk dengan baik.

"Jadi costumer bisa mencoba dan depan ini tester, bisa mencoba dibibir dan tangan," ujarnya.

4. Menyediakan Konsultan Kecantikan (Beauty Consultant)

Guardian juga menyediakan konsultan kecantikan. Mereka memberikan konsultasi dan tips seputar kecantikan kepada konsumen. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menentukan produk yang cocok.

"Kita ada beauty konsultasi yang menjawab kebutuhan dan memberikan rekomendasi untuk pelanggan," tuturnya.

5. Berjualan di Online

Selain gerai fisik, Guardian juga terus mengembangkan toko online mereka baik melalui website maupun marketplace, serta layanan pesan antar.

"Guardian menghadirkan pembelian secara online, platform dan marketplace. Kita lakukan ini semakin gencar agar dekat dengan pelanggan kita." lanjutnya.

Rekomendasi