Bukan Harga Murah, Inilah Alasan Konsumen Hobi Belanja Produk Kecantikan di E-Commerce

| 11 Oct 2023 08:11
Bukan Harga Murah, Inilah Alasan Konsumen Hobi Belanja Produk Kecantikan di E-Commerce
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/yanalya)

ERA.id - Belanja produk kecantikan di e-commerce menjadi sebuah tren yang sangat meningkat dari tahun ke tahun. Sekarang ini, masyarakat lebih nyaman belanja produk kecantikan secara online, khususnya anak muda.

Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada Indonesia mengatakan Lazada baru saja melakukan riset mengenai kebiasaan konsumen dalam berbelanja produk kecantikan. 

Melalui riset tersebut, ditemukan fakta bahwa 70 persen pembelian skincare biasanya lebih terencana, baik dengan alasan membeli kembali produk dan brand yang sama, atau merencanakan membeli tipe produk yang sama dari brand lain. 

"Mengingat saat ini perempuan Indonesia sudah semakin menyadari pentingnya untuk selalu menjaga penampilan serta semakin berkembangnya industri kecantikan Indonesia, kami mengamati betapa pentingnya memahami kondisi kulit dengan baik," ujar Lia, saat ditemui di Sudirman Central Business District 8, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta pada Selasa (10/10/2023).

Konferensi pers LazBeauty (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers LazBeauty (Foto: Era.id/Adelia)

"Sehingga para beauty enthusiast dapat menggunakan produk yang paling cocok dan sesuai. Oleh karena itu kami memperkenalkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk memudahkan konsumen dalam mengeksplorasi dan mencari produk kecantikan sesuai kebutuhan sehingga memiliki mindset 'Smart Beauty Consumption'," lanjutnya.

Sementara untuk pembelian make up, 30 persen konsumen menyatakan bahwa mereka melakukan impulsive buying dengan alasan ingin mencoba produk dengan varian baru atau mencoba produk dari brand lain. 

Dalam riset yang sama, Lazada menemukan beberapa alasan konsumen memilih berbelanja produk kecantikan di e-commerce. Yang pertama, Lia mengatakan konsumen lebih suka berbelanja online karena tersedianya official store dari brand tertentu yang sudah bekerja sama dengan e-commerce, atau store yang sudah dipercaya kualitas produknya.

Berikutnya adalah kenyamanan dan kemudahan pada saat berbelanja online. Selain itu, Lia mengatakan pilihan produk yang lengkap dan bisa memilih produk dari berbagai brand dengan lebih mudah dibandingkan mengunjungi toko offline.

Kemudahan untuk mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik membuat para konsumen betah untuk berbelanja di e-commerce.

Melihat fenomena tersebut, Lazada semakin melihat pentingnya fitur yang dapat mempermudah konsumen dalam berbelanja produk kecantikan secara online untuk dapat mencari, menemukan dan membeli produk perawatan dan kecantikan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga para beauty enthusiast dapat menjalankan 'Smart Beauty Consumption'.

Rekomendasi