Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami dan Aman, Lakukan Hal Ini

| 08 Feb 2024 14:06
Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami dan Aman, Lakukan Hal Ini
Ilustrasi cara mengecilkan bibir. (Freepik)

ERA.id - Untuk menambah rasa percaya diri, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbaiki penampilan yang ideal dan sesuai dengan keinginan. Adapun, bagian wajah yang sering menjadi perhatian adalah bibir. Sebagian orang mencari cara mengecilkan bibir. Sebab, bentuk bibir hingga kesehatan kulit bibir dianggap sebagai hal yang menjadi parameter penampilan dan juga kesehatan.

Konstruksi bibir yang terlihat tebal kadang dianggap memunculkan kesan tampilan seorang wanita yang kurang menarik. Itulah mengapa banyak wanita yang berniat mengubah penampilan bentuk bibir dengan cara mengecilkan bibir.

Sebenarnya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan sebagai perawatan alami untuk membuat bibir terlihat lebih tipis. Berikut penjelasannya!

Cara Mengecilkan Bibir yang Aman dan Alami

Bagi Anda yang mempunyai bentuk bibir tebal dan ingin mengecilkan bentuk bibir, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk bibir yang diinginkan.

Ilustrasi (Freepik)

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan air akan melindungi tubuh dari risiko dehidrasi. Sehingga, bibir Anda tidak akan menjadi kering. Kulit bibir yang mengering dapat menjadikan bentuknya terlihat besar. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan yang cukup untuk tubuh setiap harinya.

Anda disarankan minum air putih atau air mineral secara rutin minimal delapan gelas setiap harinya.

Anda juga dapat mengonsumsi bermacam-macam buah-buahan yang mempunyai kandungan cairan tinggi, contohnya semangka, jeruk, dan apel.

Gunakan Es Batu

Es batu diyakini dapat mengatasi pembengkakan yang terjadi di bibir. Selain dapat menghindari pembengkakan yang terjadi di bibir, es batu juga bisa memunculkan efek merona di bibir. Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Ambillah beberapa es batu secukupnya dan tempatkan di dalam handuk yang tipis.
  • Selanjutnya, selama beberapa menit, kompres bibir dengan es batu dingin.
  • Agar kondisi bibir mengecil dan membaik, ulangi kompres dingin di bibir.

Melembapkan Bibir

Cara yang satu ini mungkin tidak dapat mengubah bibir menjadi tipis secara langsung, tetapi lebih menjadi upaya bagi Anda untuk mencegah kulit bibir mengering dan menebal. Ada beberapa bahan perawatan kulit bibir yang dapat dipilih untuk melembapkan secara alami, antara lain:

  • Minyak zaitun.
  • Madu.
  • Minyak kelapa.
  • Mentega kakao.
  • Shea butter.

Madu memiliki fungsi sebagai pelembap atau menarik cairan dan mengikatkannya ke beberapa titik permukaan kulit bibir. Adapun kandungan lainnya berfungsi untuk melembutkan kulit bibir dan mencegah kekurangan kadar air di kulit bibir.

Lebih Sering Tersenyum

Cara yang paling gampang dan bisa dijalani oleh semua orang yaitu tersenyum. Bibir Anda yang lebih sering tersenyum akan terkesan lebih menarik, sehingga bibir terlihat kecil ataupun tipis.

Latihan Mengecilkan Bibir

Dengan menggunakan beberapa latihan khusus, ukuran bibir juga dapat berkurang. Ada satu latihan khusus yang dapat membantu mengecilkan bibir. Anda bisa tempatkan jari telunjuk ke mulut, kemudian gerakkan semua sebanyak sepuluh kali. Ulangi selama lima kali dan jalani latihan tersebut dengan rutin.

Eksfoliasi

Penumpukan kulit mati di bibir dapat membuat bibir Anda terlihat kering dan lebih tebal. Anda tentunya diperbolehkan menentukan perawatan dengan eksfoliasi di bagian bibir. Simak cara-caranya berikut.

  • Manfaatkan bahan alami untuk eksfoliasi kulit mati di bibir.
  • Sediakan gula pasir dan madu secukupnya, selanjutnya kombinasikan keduanya hingga berwujud pasta.
  • Setelah berbentuk pasta, oleskan di bagian bibir yang kering dan menebal.
  • Selama beberapa menit, gosok secara perlahan.
  • Terakhir, bilas bibir dengan air bersih.

Demikianlah ulasan tentang cara mengecilkan bibir dengan alami dan aman. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi