3 Masker Wajah dari Semangka yang Ampuh Mengatasi Jerawat

| 23 Feb 2024 15:25
3 Masker Wajah dari Semangka yang Ampuh Mengatasi Jerawat
Masker wajah campuran semangka (Pexel/Bruno Scramgnon)

ERA.id - Semangka merupakan salah satu buah yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, khususnya dalam mengatasi jerawat.

Dilansir dari Healthshot, hal tersebut bisa terjadi karena semangka meningkat kadar oksida nitrat tubuh, yang mendorong penyembuhan luka sehingga cukup ampuh dalam mengurangi jerawat.

Dengan mengoleskan jus semangka ke wajah menggunakan kapas selama 10 hingga 15 menit, efeknya bisa membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

Semangka untuk atasi jerawat

Tak cuma mengoleskan jus semangka pada area wajah yang terdapat jerawat. Buah dengan rasa manis dan segar ini juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya agar lebih efektif untuk mengatasi jerawat. Berikut ulasan selengkapnya;

1. Semangka dengan yogurt dan madu

Kombinasi antara semangka yang sudah dihaluskan dengan yogurt dan madu, kemudian tempelkan ke wajah sangat bermanfaat bagi kulit.

Kandungan antioksidan dalam madu dan semangka dapat mengurangi peradangan, sedangkan yogurt dapat mengelupas kulit mati.

2. Semangka dan tomat

Perpaduan semangka dan tomat juga sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Terlebih bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Asam malat dalam semangka dan likopen dalam tomat berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk mengatasi permasalahan wajah dan juga menenangkan kulit.

3. Semangka dan pisang

Campuran semangka dan pisang yang sudah dihaluskan, lalu dioleskan ke wajah selama 15 sampai 20 menit. Cara ini dinilai cukup ampuh dalam membantu meredekan jerawat. Ini karena kedua buah tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, yang bisa mengurangi radang pada kulit.

Rekomendasi