6 Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami untuk Kembalikan Kecantikan

| 03 Sep 2022 12:11
6 Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami untuk Kembalikan Kecantikan
Ilustrasi cara menghilangkan beruntusan (unsplash)

ERA.id - Umumnya, wanita ingin selalu tampil cantik dan sempurnya. Namun, hal tersebut kadang terganggu oleh adanya beruntus pada wajah. Cara menghilangkan beruntusan harus Anda ketahui agar hal tersebut tak membuat kepercayaan diri turun.

Jika Anda akan pergi ke acara tertentu yang membuat Anda bertemu banyak orang, beruntusan bisa sangat mengganggu. Wajah Anda yang biasanya mulus tiba-tiba terasa kasar oleh bintil-bintil kecil yang mengganggu.

Dikutip Era dari hellosehat, beruntusan disebut juga dengan jerawat pasir. Ini adalah jerawat yang ditandai dengan bintil-bintil kecil yang kehadirannya bersama-sama dalam jumlah cukup banyak.

Anda tak perlu khawatir. Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya, bahkan bisa dalam waktu yang singkat. Hebatnya lagi, cara ini menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Beruntusan secara Alami

1. Es batu

Efek dingin dari es batu memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan sementara waktu—efeknya cepat hilang. Namun, Anda bisa mencoba teknik ini.

Ilustrasi es batu untuk menghilangkan beruntusan (unsplash)

Cara melakukannya juga mudah. Anda cukup membungkus es batu menggunakan kain tipis. Kemudian, tempelkan kain berisi es batu itu pada wajah beruntusan selama satu menit. Lakukan 1 atau 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang sudah sejak lama dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat. Gel lidah buaya berkemungkinan mampu menghilangkan beruntusan. Salah satu alasannya adalah gel lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Riset dari Journal of Dermatological Treatment membandingkan penggunaan tretinoin topikal (obat oles) dan gel lidah buaya dengan penggunaan tretinoin dan plasebo (obat kosong). Hasilnya, orang-orang yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya punya jerawat yang memerah dalam jumlah yang lebih sedikit.

3. Teh hijau

Teh hijau dipercaya memiliki kemampuan untuk menghilangkan beruntusan, bahkan dalam semalam. Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang bisa melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Menurut penelitian, teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Ini merupakan antioksidan yang mampu membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk beruntusan.

4. Madu

Tak hanya membuat minuman dan makanan menjadi manis, madu ternyata juga memiliki kemampuan untuk membuat wajah kembali bersih dari beruntusan.

Ilustrasi madu untuk menghilangkan beruntusan (unsplash)

Salah satu jenis madu mentah yang kerap digunakan sebagai obat alami jerawat adalah madu manuka. Jadikan madu ini sebagai masker untuk wajah Anda.

Cara membuatnya, campurkan madu dan kayu manis. Setelah itu, Anda cukup mengoleskannya pada kulit. Kemudian, diamkan selama 8–10 menit. Terakhir, bilas wajah hingga bersih.

5. Masker oatmeal koloid

Sejumlah penelitian menunjukkan, oatmeal punya sifat antioksidan dan antiradang sebagai obat alami penghilang jerawat. Selain itu, bahan ini memang diketahui memiliki manfaat untuk perawatan kulit.

Bahan ini dipercaya bisa mengatasi peradangan kulit, misalnya jerawat, biduran, dermatitis atopik, dan infeksi virus. Anda bisa memanfaatkan oatmeal koloid untuk kesehatan kulit wajah dengan menjadikannya masker.

Caranya, giling oatmeal hingga berbentuk bubuk. Kemudian, rendam bubuk tersebut dengan air hangat. Setelah itu, tinggal Anda oleskan masker oatmeal koloid tersebut ke bagian wajah yang beruntusan dan biarkan agar diserap kulit selama beberapa menit.

6. Tea tree oil

Minyak pohon the atau tea thee oil dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit berjerawat. Penelitian yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology (2017), menjelaskan bahwa penggunaan sabun cuci muka gel yang mengandung tea tree oil bisa membantu mengatasi jerawat.

Namun, perlu diingat. Cara menghilangkan beruntusan dengan bahan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki alergi terhadap tea tree oil

Rekomendasi