Mengenal Tren Makeup Hybrid dan Segudang Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

| 09 Mar 2024 06:10
Mengenal Tren Makeup Hybrid dan Segudang Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit
Ilustrasi (iStockphoto)

ERA.id - Dunia kecantikan terus berkembang, begitu pula dengan tren perawatan dan produk kecantikan seperti makeup.

Makeup tidak hanya berfungsi sebagai riasan namun juga memberi manfaat kesehatan pada kulit seperti memberi nutrisi dan melindungi wajah. Tren makeup ini disebut sebagai tren makeup hybrid.

Makeup hybrid adalah produk riasan yang mengandung bahan aktif. Makeup hybrid tidak hanya memberikan hasil akhir halus untuk tampilan riasan tetapi juga mengatasi masalah kulit tertentu dan memperbaiki tekstur kulit.

Kehadiran makeup hybrid atau produk kosmetik yang memadukan manfaat dan bahan-bahan skincare (skincare-infused ingredients) ini dapat membuat orang-orang tetap bisa tampil cantik dengan kulit yang sehat.

Menggabungkan riasan (makeup) dengan perawatan kulit (skincare) ke dalam rutinitas kecantikan ini memberi banyak manfaat. Produk makeup hybrid tidak hanya dirancang lebih dari sekedar memberikan wajah cantik namun juga meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara bersamaan.

Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Keuntungan dan manfaat dalam menggunakan makeup hybrid adalah sebagai berikut, melansir dari berbagai sumber:

Praktis dan hemat waktu

Makeup yang mengandung skincare menyederhanakan rutinitas kecantikan dengan menggabungkan dua langkah menjadi satu sehingga simpel dan menghemat waktu. Makeup hybrid cocok digunakan untuk yang memiliki kesibukan dan tidak bisa menghabiskan waktu lama untuk merias diri di depan cermin.

Produk multitasking

Makeup hybrid menjadi produk multitasking yang berfungsi sebagai makeup dan perawatan kulit hanya dalam beberapa kali pengaplikasian sehingga saat menggunakan produk ini tidak hanya tampil cantik maksimal, tetapi kulit juga sekaligus terawat dan terjaga kesehatannya.

Memperbaiki tekstur kulit

Banyak produk makeup hybrid mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, asam salisilat, peptida, dan bahan-bahan lainnya yang membantu memperbaiki tekstur kulit. Bahkan produk makeup hybrid juga terdapat yang menawarkan manfaat vitamin C untuk kulit sehingga dapat membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda dengan berkurangnya flek hitam dan pigmentasi.

Perlindungan terhadap sinar matahari

Beberapa makeup hybrid dilengkapi dengan tabir surya bawaan yang memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap sinar UV yang berbahaya. Sama seperti vitamin C yang berfungsi melawan kerusakan akibat UV, produk makeup hybrid yang mengandung tabir surya juga mengandung peringkat SPF yang membantu menangkal kerusakan akibat sinar matahari.

Hidrasi kulit

Bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, lidah buaya, dan ceramide dapat ditemukan dalam formulasi produk makeup hybrid untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Selain itu banyak produk makeup hybrid yang mengandung perawatan kulit mampu mengunci hidrasi di dalam kulit karena hal tersebut merupakan faktor penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan atau tanpa riasan.

Manfaat jangka panjang

Makeup hybrid dapat berkontribusi terhadap kulit yang lebih sehat dan bercahaya dengan pemakaian yang konsisten karena ssaat memakai produk riasan hybrid ini masalah kulit akan teratasi.

Tips memilih makeup hybrid

Saat memilih makeup yang mengandung skincare maka perlu mengetahui jenis dan permasalahan kulit. Beberapa petunjuk untuk membantu membuat pilihan yang tepat saat memlilih makeup hybrid adalah sebagai berikut:

Identifikasi jenis kulit dan pahami masalahnya

Mengetahui jenis kulit merupakan dasar dalam memilih makeup hybrid. Jenis kulit tersebut terbagi menjadi kulit kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Masing-masing memilihi masalah dan kandungan untuk meredakan masalah di dalam setiap produk makeup hybrid.

Baca label dengan teliti

Cari bahan-bahan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit, seperti vitamin, tabir surya, dan antioksidan. Bahan-bahan ini biasanya tertulis pada kemasan makeup, juga penggunaan jenis kulitnya. Maka cermati label dan kemasan makeup hybrid.

Lakukan uji tempel

Uji produk makeup hybrid sebelum membeli dengan mencoba di sedikit bagian kulit untuk memastikan tidak mengalami reaksi buruk terhadap produk, terutama jika memiliki kulit sensitif.

Baca ulasan

Membaca ulasan produk dan tonton tutorial untuk melihat orang lain yang memiliki masalah kulit serupa mendapatkan manfaat dari produk makeup hybrid yang ingin dibeli.

Makeup hybrid selain menjadi tren kecantikan, juga menjadi kebutuhan dalam gaya hidup pada estetika wajah. Cantik, kulit sehat, dan praktis menjadi valuasi dari tren makeup hybrid. Silakan mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi