4 Minuman Detoks Pencerah Kulit, Ada Semangka hingga Lemon

| 13 Apr 2024 08:30
4 Minuman Detoks Pencerah Kulit, Ada Semangka hingga Lemon
Ilustrasi minuman detoks pencerah kulit (Pexels)

ERA.id - Ada beberapa cara untuk mencerahkan kulit. Terpenting, langkahnya tidak hanya melibatkan penggunaan skincare, tetapi juga harus dilakukan dari dalam.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman detoks. Dilansir dari India Today dan Eat Me, terdapat beberapa minuman detoks yang bisa membantu mencerahkan kulit. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Minuman detoks semangka

Semangka merupakan buah yang hampir 92 persen kandungannya berupa air. Ini membuat buah ini sangat menghidrasi dan menyegarkan, yang sangat cocok untuk kesehatan kulit.

Buah ini juga mengandung antioksidan yang memelihara kulit dari sinar matahari. Untuk membuat minuman detoks semangka, masukkan beberapa irisan buah semangka, perasan lemon, dan daun mint, se batu secukupnya ke dalam wadah kaca, lalu tuang air ke dalamnya.

2. Minuman detoks timun dan daun mint

Perpaduan timun dengan daun mint dalam sebuah minuman detoks sangat bermanfaat untuk menghidrasi, sehingga kulit tidak kering. Timun juga mmeiliki vitamin C dan silika yang membantu meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit tetap cerah.

Untuk membuat minuman ini, kamu perlu menyiapkan 1 liter air, irisan satu buah timun, irisan 1 buah lemon, dan 10 hingga 12 lembar daun mint. Semua bahan tersebut masukkan dalam wadah kaca, lalu dinginkan sebelum meminumnya.

3. Minuman detoks lemon

Air detoks lemon cukup populer digunakan untuk kesehatan tubuh, termasuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada lemon memproduksi kolagen dan membantu mencerahkan kulit jika dikonsumsi secara rutin.

Untuk membuat minuman ini caranya sangat mudah. Sediakan wadah kaca yang berisi air, lalu masukkan irisan lemon dan air perasannya ke dalam wadah. Simpan di lemari pendingin dan minumlah pada pagi hari saat perut masih kosong.

4. Minuman detoks delima

Delima termasuk buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang membuat kulit kering dan membantu kulit tetap terlihat muda sekaligus cerah.

Untuk membuat air detoks delima, siapkan satu buah delima yang sudah diambil bijinya. Potong buah menjadi bagian kecil, masukkan ke dalam wadah kaca yang sudah diisi air, lalu bisa juga tambahkan irisan jahe dan jeruk nipis untuk menambah rasa.

Rekomendasi