Cara Menghilangkan Henna di Tangan dengan Bahan-Bahan Rumahan

| 29 Oct 2022 14:15
Cara Menghilangkan Henna di Tangan dengan Bahan-Bahan Rumahan
Henna di tangan (Unsplash)

ERA.idHenna adalah pewarna yang berasal dari daun tanaman. Dalam seni kuno mehndi, pewarna diterapkan pada kulit Anda untuk menciptakan pola tato temporer yang rumit. Lalu bagaimana cara menghilangkan henna di tangan?

Perlu diketahui, pewarna henna cenderung bertahan sekitar dua minggu sebelum mulai memudar. Setelah pewarna  mulai memudar, Anda mungkin ingin menghapus desain dari kulit Anda dengan cepat.

Tips dan Cara Menghilangkan Henna di Tangan

  1. Rendam air garam

Anda mungkin ingin memulai proses penghilangan henna dengan merendam tubuh Anda dalam air dengan bahan pengelupas, seperti garam laut. Garam epsom, atau bahkan garam meja.

Natrium klorida dalam garam dapat membantu menyehatkan sel-sel kulit hidup Anda dan menyingkirkan yang mati. Tuangkan sekitar setengah cangkir garam ke dalam air hangat dari bak mandi setengah penuh dan rendam selama dua puluh menit.

  1. Scrub pengelupasan kulit

Menggosok kulit Anda dengan pembersih wajah atau tubuh dapat membantu menghilangkan henna dengan cepat. Coba pakai bahan pengelupasan alami, seperti aprikot atau gula merah untuk meminimalkan iritasi pada kulit Anda.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan pelembab atau mengoleskan minyak kelapa setelah pengelupasan tato henna Anda.

  1. Minyak zaitun dan garam

    Minyak zaitun (Unsplash)

Mencampur satu cangkir minyak zaitun dengan tiga atau empat sendok makan garam laut dapat menciptakan campuran yang mungkin bisa menghilangkan pewarna dari kulit Anda dan mengelupas tato henna.

Gunakan kapas untuk melapisi kulit Anda sepenuhnya dan biarkan minyak zaitun meresap sebelum menggosok garam dengan lembut menggunakan waslap basah.

  1. Sabun antibakteri

    Gunakan sabun antibakteri scrub untuk membersihkan tato (Unsplash)

Kandungan alkohol yang tinggi dan butiran scrub pengelupasan dalam sabun antibakteri dapat membantu menghilangkan pewarna pacar. Gosok tangan Anda beberapa kali sehari dengan sabun antibakteri favorit Anda, tetapi berhati-hatilah agar kulit Anda tidak kering.

Oleskan krim pelembab ke tubuh Anda setelah menggunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan henna.

  1. Soda kue dan jus lemon

Jus lemon adalah bahan pencerah kulit yang terbukti. Soda kue dan jus lemon dapat bekerja sama untuk meringankan pewarna pacar dan membuatnya lebih cepat hilang. Namun, jangan pernah mengoleskan soda kue dan jus lemon ke wajah Anda.

Gunakan setengah cangkir air hangat, satu sendok makan penuh soda kue, dan dua sendok teh jus lemon. Oleskan campuran ini dengan kapas dan biarkan meresap ke kulit Anda sebelum mengeluarkannya. Ulangi terus sampai henna tidak terlihat.

  1. Penghapus riasan

Penghapus riasan berbahan dasar silikon apapun dapat berfungsi menghilangkan pewarna henna. Gunakan kapas atau Q-tip untuk sepenuhnya menghilangkan tato Anda. Anda mungkin perlu mengulangi ini beberapa kali.

  1. Air misel

Micellar water dapat mengikat pewarna henna dan membantu mengangkatnya dari kulit. Metode ini sangat lembut pada kulit Anda. Pastikan untuk merendam kulit Anda sepenuhnya dengan air misel dan biarkan kulit Anda menyerapnya. Kemudian berikan sedikit tekanan saat Anda menggosok kulit Anda hingga kering.

  1. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida dapat mencerahkan penampilan kulit Anda, tetapi metode ini mungkin memerlukan beberapa kali percobaan untuk menghilangkan henna. Gunakan hidrogen peroksida encer kosmetik, dan oleskan ke area tato henna Anda.

  1. Pasta gigi pemutih

Gunakan bahan pemutih pasta gigi dengan mengoleskannya pada tato henna Anda dan gosoklah. Biarkan pasta gigi mengering sebelum menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosok dengan lembut.

Selain cara menghilangkan henna di tangan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi