Jus Penghancur Lemak yang Enak dan Efektif Menurunkan Berat Badan

| 10 Dec 2023 23:00
Jus Penghancur Lemak yang Enak dan Efektif Menurunkan Berat Badan
Jus penghancur lemak (unsplash)

ERA.id - Tren diet jus menjadi fenomena yang diminati banyak orang sebagai metode "detoksifikasi" yang populer. Namun, yang lebih menarik adalah kemampuan beberapa jus yang dapat mendukung proses penurunan berat badan dan membakar lemak. Lantas apa saja jus penghancur lemak yang paling direkomendasikan?

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang jus penghancur lemak dan bagaimana minuman ini dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

Berbagai Pilihan Jus Penghancur Lemak

  1. Jus Bit

Para atlet sering mengkonsumsi jus bit ketika mereka ingin meningkatkan performa mereka. Hal ini karena jus ini mengandung senyawa bermanfaat seperti nitrat yang bagus untuk diet.

Nitrat dapat membantu meningkatkan efisiensi dan daya tahan otot, serta menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Sementara itu, bit utuh rendah kalori dan kaya serat, yang dapat membantu mendukung keberlanjutan pencernaan, memperlambat pengosongan lambung, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Meskipun sebagian besar seratnya akan dihilangkan selama proses pembuatan jus, namun jus bit adalah pilihan jus rendah kalori dan bernutrisi ketika Anda ingin menurunkan berat badan.

  1. Jus Delima

Selain enak dan menyegarkan, jus delima adalah minuman rendah kalori yang sehat dan dapat mendukung penurunan berat badan. Menurut satu studi pada hewan, jus delima dapat mencegah penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan diet tinggi lemak.

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang mungkin menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Berdasarkan studi pada 16 orang ditemukan bahwa antioksidan dalam jus delima dapat menstabilkan kadar gula darah setelah mereka makan roti.

  1. Jus Semangka

Jus semangka memang menyegarkan dan sangat bernutrisi. Selain rendah kalori, semangka adalah sumber mikronutrien yang baik untuk kesehatan jantung karena mengandung kalium dan antioksidan berupa vitamin A dan C yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Semangka juga memiliki kandungan air tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan merasa kenyang lebih lama.

Ditemukan manfaat semangka untuk diet berdasarkan studi selama 4 minggu dengan melibatkan 33 orang yang diberikan 2 gelas (300 gram) semangka segar. Para peserta mengalami penurunan signifikan berat badan, lemak perut, rasa lapar, dan keinginan makan dibandingkan dengan orang yang tidak konsumsi semangka.

semangka adalah sumber mikronutrien yang baik untuk kesehatan jantung (unsplash)
  1. Jus Sayur-Lemon-Jahe

Kombinasi jus sayuran dengan lemon dan jahe bisa menjadi resep ampuh dalam diet penurunan berat badan yang sehat. Perlu diketahui, lemon dapat membantu menambahkan rasa pada minuman Anda selain adanya antioksidan ekstra.

Beberapa studi pada manusia dan hewan juga menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mendukung penurunan berat badan.

Sementara itu, sayuran seperti bayam juga dapat meningkatkan asupan serat untuk membuat Anda tetap kenyang antara waktu makan.

Untuk memulai, Anda cukup tambahkan sejumput kecil jahe yang dikupas, sedikit jus lemon segar, dan 1 gelas (30 gram) bayam mentah ke food processor Anda atau blender.

  1. Jus Wortel

Jus wortel adalah minuman sehat kaya nutrisi dan mengandung banyak vitamin A dan karotenoid. Mencampur wortel dalam masakan Anda juga dapat membantu meningkatkan asupan serat untuk meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengatur nafsu makan.

Selain itu, wortel juga kaya karotenoid, sejenis pigmen tumbuhan yang ditemukan di banyak buah dan sayuran.

Menariknya, berdasarkan satu studi yang dilakukan selama 8 minggu yang melibatkan 28 pria dengan obesitas, menemukan bahwa mereka yang meminum minuman kaya karotenoid setiap hari mengalami penurunan signifikan lemak perut.

Selain jus penghancur lemak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi