Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Bahan Alami

| 04 Nov 2020 12:06
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Bahan Alami
Ilustrasi Jerawat (Pixabay)

ERA.id - Timbulnya jerawat di wajah acapkali bikin frustasi. Terlebih jika satu jerawat hilang, lalu timbul di tempat lainnya. Bekas jerawat pun jadi bertebaran di berbagai area wajah. Hal yang paling mengganggu, saat bekas muncul di area pipi alias bagian utama wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bahan alami, lho! Ini penting karena memiliki bekas jerawat yang menghitam terkadang membuat kepercayaan diri menjadi berkurang.

Perlu diketahui, jerawat terjadi ketika mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Nah, untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang membandel yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat hitam?

Setiap hormon akan menyebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak daripada biasanya sehingga pori menjadi tersumbat dan bakteri mudah tumbuh. Bakteri ini yang kemudian akan mempermudah jerawat tumbuh di wajah dan terkadang bekasnya sulit dihilangkan.

Seperti dikutip dari Healthline, jerawat mungkin bisa sembuh dengan cepat namun terkadang akan meninggalkan bekas hitam pada kulit wajah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan beberapa orang merasa tidak percaya diri.

Untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam kamu bisa menggunakan krim dengan bahan kimia. Namun, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan obat penghilang bekas jerawat alami, yakni:

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai anti-inflamasi dan memiliki sifat antibakteri sehingga merupakan bahan yang hebat dalam perawatan bekas luka jerawat. Bintik-bintik hitam dari jerawat bisa menghilang jika perawatan kulit dengan lidah buaya rutin dilakukan.

Bahan yang dibutuhkan hanya lidah buaya yang diambil gelnya dan kemudian oleskan pada bekas luka. Cara pembuatannya cukup campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan 2 hingga 3 tetes minyak esensial tea tree.

Pijat wajah dengan lembut dan diamkan seperti memakai masker penghilang bekas jerawat, selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari guna mendapatkan hasil maksimal.

2. Air sari lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai pemutih dan dapat membantu meringankan segala jenis bekas luka pada kulit. Selain itu, lemon juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati, mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan lemon sangat mudah dan aman. Cukupkan oleskan air sari lemon segar langsung ke bekas luka menggunakan ujung jari atau cotton bud. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih dan ulangi 1-2 kali dalam sehari.

Lemon juga bisa ditambahkan dengan madu dan gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya pada bekas luka sebagai masker penghilang bekas jerawat. Diamkan kapas pada wajah selama 10 hingga 15 menit dan cuci bersih dengan air mengalir.

3. Cuka sari apel

Asam cuka sari apel memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya membantu meringankan pigmentasi di kulit. Cuka sari apel juga dapat merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel, dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga bisa menjadi pilihan obat penghilang bekas jerawat alami.

Penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan cuka sari apel mentah dan celupkan bola kapas ke dalamnya. Oleskan kapas pada bekas luka lalu biarkan selama 5 menit dan bulan dengan air bersih. 

Cuka sari apel juga bisa ditambahkan dengan 2 sendok makan madu untuk membantu menghilangkan bekas luka hitam. Aplikasikan bola kapas yang sudah dicelup kedua bahan tersebut sebagai masker penghilang bekas jerawat dan biarkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas. 

Mengatasi bekas jerawat dengan cara medis

Perawatan bersama dokter biasanya diperlukan jika bekas jerawat sangat sulit dihilangkan dan cukup mengganggu penampilan. Nah, beberapa perawatan bersama dokter yang dapat dilakukan antara lain:

Chemical peels

Pengelupasan kimiawi dapat dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit yang rusak dan memperlihatkan kulit menjadi tampak lebih muda.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan chemical peels melibatkan pengolesan larutan asam topikal yang kuat pada wajah. Kulit kemudian akan mengelupas dan sel kulit akan diambil bersamaan.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan dengan menggunakan perangkat yang meledakkan partikel kecil di area tertentu pada kulit. Metode satu ini adalah perawatan pengelupasan tingkat yang bertujuan untuk menghilangkan ketidaksempurnaan dan membuat kulit lebih halus serta kencang.

Laser

Pelapisan ulang dengan laser berguna untuk menghilangkan kulit mati dari tubuh. Cara ini juga dapat mendorong sel-sel baru untuk tumbuh di lapisan kulit lebih dalam.

Selain itu, laser bisa menjadi cara untuk mencegah jaringan parut dan memperbaiki bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh jerawat.

Microneedling

Cara ini juga disebut terapi induksi kolagen, prosedur ini melibatkan penusukan kulit berulang kali dengan jarum kecil untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru. Ini bisa mengurangi tampilan bekas jerawat.

Ada beberapa penyebab bekas jerawat susah hilang dan meninggalkan bekas yang mengganggu. Dengan microneedling ini dapat memperbaiki tampilan yang mengganggu tersebut, termasuk kerutan, stretch mark, dan garis halus.

Rekomendasi