Mengulik Perjalanan Tren Make Up Paling Populer Sepanjang 5 Tahun Terakhir Versi MUA Hits

Tim Editor

Ilustrasi make up (Unsplash/@element5digital)

ERA.id - Memasuki akhir tahun 2020, beauty-tech terdepan Social Bella membagikan sejumlah tren make up paling populer yang banyak digandrungi oleh para beauty enthusiast dari masa ke masa selama kurun waktu lima (5) tahun terhitung sejak kehadiran Sociolla di Indonesia.

Tren make up ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi beauty enthusiast agar tetap cantik dan glowing selama liburan akhir tahun. Dalam menghadirkan perjalanan tren make up ini, Social Bella merangkum data dari keseluruhan ekosistem kecantikan yang dimiliki termasuk pada platform belanja Sociolla.com, platform ulasan SO.CO, serta distribusi produk kecantikan melalui brand development.

Bersama Make Up Director kami, Archangela Chelsea, berikut make up yang digemari oleh beauty enthusiast dari masa ke masa.

●        2015 menjadi tahun bersejarah untuk Kylie Jenner dimana ciri khas make up-nya menjadi populer, dengan tampilan bibir penuh, riasan nude dan lipstik berwarna ungu muda serta penggunaan banyak concealer dan bedak di area bawah mata. Selain itu, CC cream mulai banyak menjadi alternatif pilihan dalam menampilkan kesan natural.

●        2016 adalah awal cushion menjadi idola bagi beauty enthusiast tanah air. Praktis dengan hasil tampilan sempurna menjadi keunggulan utama yang ditonjolkan oleh tren yang dipopulerkan drama Korea ini. Selain itu, tren make up mulai mengarah ke tampilan yang lebih natural dengan menitikberatkan pada kesan no make up namun segar.

Tren make up 2016 ala Korea (Instagram) 

●        2017 tren make up glass skin dan dewy look jadi dua tren yang paling populer di tahun ini. Beauty enthusiast juga mulai memilih ekstensi (prosedur kecantikan untuk memanjangkan dan melebatkan bulu mata) untuk memberikan kesan bulu mata lebih lentik dan lebat tanpa penggunaan bulu mata palsu.

Ilustrasi bulu mata palsu Unsplash/@seteph)

Tren tampilan make up natural pun semakin digemari dengan penggunaan warna natural untuk eyeshadow dan tint lipstick yang dipadukan dengan lip gloss.

●        2018 ditandai dengan tren riasan mata dengan glitter dan penggunaan warna lembut seperti rosy dan coral. Kesan feminin sekaligus glamor menjadi dua hal yang ditonjolkan dalam tren make up di tahun ini, semakin dilengkapi dengan penggunaan warna-warna cerah untuk lipstick.

●        2019 menjadi tahun yang menandai segala sesuatu yang berkaitan dengan gold contour, mulai dari metalic make up, freckless make up sampai dengan penggunaan warna eyeshadow ungu menjadi populer.

Ilustrasi freckless make up (Unsplash/@sersh)

Di tahun ini, tren make up juga banyak dipengaruhi oleh negeri sakura melalui kehadiran berbagai warna foundation yang disesuaikan dengan warna kulit perempuan Asia, salah satunya dengan menambahkan pilihan warna yang lebih gelap.

●        2020 di tahun ini dengan adanya pandemi, beauty enthusiast lebih banyak menghabiskan aktivitas di dalam rumah. Dengan penggunaan masker selama bepergian ke luar, tren make up pun bergeser dengan lebih menonjolkan riasan di area mata. Pengaplikasian foxy eyes make up dan floating eyeliner menjadi dua tren yang paling digemari oleh beauty enthusiast. Selain itu, pemilihan produk make up juga lebih mengarah pada produk yang transferproof untuk tampilan make up yang lebih tahan lama.

“Pergerakan tren make up selama lima tahun terakhir begitu variatif dan menyentuh hampir keseluruhan bagian wajah. Uniknya dalam pergerakan tren ini, gaya make up perempuan Amerika dan Asia, terutama Korea Selatan dan Jepang memiliki porsi yang sama besar dalam mempengaruhi tren. Ini termasuk pada style look, warna-warna populer untuk lipstik dan eyeshadow, serta tren make up yang mengarah pada kesan lebih natural. Sedangkan di tahun 2021, tren make up akan mengarah kepada tampilan minimalis dengan mengombinasikan fungsi hidrasi dan pelembab melalui tren yang disebut cream skin," kata Make Up Director Social Bella Archangela Chelsea dikutip dari rilis yang diterima Era.id.

Tag: makeup tren make up

Bagikan: