3 Alasan Utama Mengapa Harus Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

| 22 Jun 2021 09:05
3 Alasan Utama Mengapa Harus Menggunakan Sunscreen Setiap Hari
Manfaat penggunaan sunscreen (Foto: Unsplash/ Ridofranz)

ERA.id - Belakangan banyak orang-orang di media sosial yang membuat konten mengenai manfaat dari menggunakan sunscreen setiap hari. Meskipun hanya di rumah saja dan tidak akan terkena sinar matahari, sunscreen tetap harus dipakai ke wajah.

Mengapa demikian? Nyatanya sunscreen selain melindungi dari sinar UV memiliki manfaat lainnya yang sangat baik untuk kulit wajah. Inilah 3 alasan utama mengapa harus menggunakan sunscreen setiap hari, terutama pada bagian wajah, yang dilansir dari Ehe.health.com.

1. Mencegah tanda penuaan

(Foto: Unsplash/ priciladepureez)

Salah satu alasan utama mengapa harus menggunakan sunscreen setiap hari adalah karena dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah. Tanpa menggunakan sunscreen dan wajah sering terkena sinar matahari dapat merusak lapisan elastin, kolagen dan sel lainnya di wajah.

Jika terjadi secara terus-menerus, hal ini akan menimbulkan tanda penuaan, seperti perubahan warna kulit, keriput, hingga kulit wajah terasa kasar. Tanda penuaan ini dapat muncul pada ornag-orang yang tak rutin menggunakan sunscreen pada pertengahan usia 20an hingga 30an.

2. Mengurangi risiko terkena kanker kulit

Menggunakan sunscreen setiap hari meskipun cuaca mendung ataupun hanya di rumah saja, dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Seperti yang diketahui, sinar ultra violet dari matahari tidak baik jika sering terkena ke kulit dan dapat menyebabkan kanker.

Dengan menggunakan sunscreen setidaknya dengan SPF 30 ataupun lebih akan mengurangi risiko kamu terkena kanker kulit bahkan hingga setengahnya.

3. Menambah kecerahan pada wajah

Sunscreen atau tabir surya dapat membantu mencegah perubahan warna dan bintik-bintik hitam pada wajah akibat dari sinar matahari. Sunscreen membantu kamu mempertahankan dan bahkan mencerahkan warna kulit wajah jika digunakan secara rutin.

Itulah beberapa alasan mengapa penggunaan sunscreen diwajibkan untuk siapa pun setiap harinya. Yuk, mulai untuk memakai sunscreen-nya dari sekarang.

 

Rekomendasi