Musim Pancaroba Bisa Merusak Kulit Wajah, Perhatikan Langkah dan Cara Merawatnya

| 17 Feb 2022 18:10
Musim Pancaroba Bisa Merusak Kulit Wajah, Perhatikan Langkah dan Cara Merawatnya
Ilustrasi perawatan kulit (Unsplash/Antonika Chanel)

ERA.id - Tanpa disadari perubahan cuaca memengaruhi kondisi kulit. Itulah mengapa merawat kulit amatlah penting dengan menyesuaikan kondisi kulit saat ini.

Memasuki musim pancaroba, ada baiknya menyesuaikan produk perawatan kecantikan dengan kondisi kulit yang sekarang ini.

Dalam acara peluncuran produk terbaru dari Marina Expert White and Glow yang dilakukan secara virtual, Dokter Kardiana Dewi, Dermatovenerologist, menjelaskan masalah kulit akan selalu dihadapi oleh semua wanita, baik yang memiliki kulit kering, berminyak, sensitif bahkan normal.

"Saat terjadinya perubahan cuaca, sebagai antisipasi yang tepat, terlebih dahulu pahami kebutuhan dari kulit kita, mengenal jenis kulit merupakan langkah pertama yang sering diabaikan," jelasnya dalam acara tersebut, beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan lagi apa jenis kulit kita, dr Dewi pun menjelaskan bisa dilakukan dengan cara melihat kondisi kulit setelah cuci muka.

"Apabila jenis muka kering, wajah yang sudah dibersikan, kelembapannya akan mudah hilang, bergitupun sebaliknya, wajah berminyak dengan mudah meningkatkan hormon yang bisa membuat wajah terlihat semakin lembab atau berminyak, sedangkan kulit sensitif perawatannya harus lebih cermat, karena dikhawatirkan akan mengakibatkan kulit iritasi saat menggunakan rangkaian perawatan, termasuk saat sabun pencuci muka," paparnya.

Setelah benar-benar memahami kebutuhan kulit sesuai jenisnya, perhatikan penggunaan pelembab pada kulit.

"Semahal-mahalnya produk pelembab, pastikan pelembab memiliki standar Ph yang tepat untuk kulit, biasanya pelembab yang lolos uji klinis Badan POM Indonesia sudah sesuai dengan standar kulit orang Indonesia, yang dikhawatirkan adalah pelembab impor, kita tidak tahu, seberapa besar kandungan pelembab dan Ph didalamnya," urainya.

Setelah memahami dasar-dasar perawatan kulit secara tidak langsung kita sudah menjaga lapisan kulit paling luar, dimana memiliki fungsi melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun yang bisa mengakibatkan kulit bermasalah. Lapisan ini dinamakan Skin-Barrier.

"Peran Skin-Barrier untuk mejaga kulitas kulit wajah, perlu diperhatikan, apabila bagian tidak dijaga dengan baik, perawatan kulit wajah termahal pun, tidak akan berpengaruh saat diterapkan, untuk itu penting sekali kita memahami porsi dan kebutuhan kulit wajah," paparnya.

Rekomendasi