Tak Hanya Bagus untuk Rambut dan Kulit Kepala, Ini Manfaat Lebih Keramas Pakai Sampo dengan Sensasi Dingin

| 25 Jul 2022 19:45
Tak Hanya Bagus untuk Rambut dan Kulit Kepala, Ini Manfaat Lebih Keramas Pakai Sampo dengan Sensasi Dingin
Ilustrasi keramas (Unsplash/bruce mars)

ERA.id - Sampo tak hanya bermafaat memberishkan dan  membuat rambut jadi wangi. Tetap kandungan di dalam sampo bisa lebih dari sekadar yang di rasakan di area rambut dan kepala.

Dokter estetika dr. Nataliani Mawardi menjelaskan, kandungan di dalam sampo akan sangat memengaruhi kondisi rambut dan kulit kepala setelah keramas.

Selain untuk membersihkan dan menutrisi rambut, beberapa orang biasanya juga mencari sampo dengan sensasi menyegarkan di kulit kepala. Salah satunya, sampo dengan sensasi dingin.

"Sensasi dingin yang dihasilkan saat keramas biasanya berasal dari kandungan mint yang terdapat di dalam sampo," kata dokter Nataliani saat ditemui Era.id dalam acara peluncuran Hair Shampoo & Trichologogy Hair Care NMW Clinik, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, efek sensasi dingin pada kulit kepala memuat tubuh menjadi rileks saat keramas. Aroma mintnya juga memberi efek menenangkan.

"Makanya akan merasa kulit kepala nggak lepek dan rasanya jadi enteng," sambungnya.

Meski ada sensasi dingin, kandungan mint tidak akan membuat kulit kepala menjadi kering karena ada kandungan lain yang bernutrisi.

Pada produk hair solution sampo dari NMW misalnya, kata Natali, memiliki formula triple action complex yang bantu menstimulasi pertumbuhan rambut, memberikan volume, dan meremajakan kulit kepala.

"Kalau ada sampo dengan kandungan mint yang bikin kulit kepala kering, mungkin ada kandungan kimia yag kurang atau terlalu kuat," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis kulit dan kelamin NMW clinic dr. Shakti Indraprasta, Sp.KK., menambahkan, selain mint, ada 3 kandungan bahan kimia yang diunggulkan pada produk sampo tersebut. Yaitu, triklosan, pappermint oil, dan decapeptide 12.

"Triklosan fungsinya sebagai antimikroba untuk membersihkan rambut. Pappermint oil membuat nyaman saat keramas dan relaksasi kulit kepala. Sedangkan decapeptide 12 untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut," jelasnya.

Rekomendasi