Mengapa Orang Botak Masih Perlu Keramas? Simak Penjelasan Berikut

| 12 Jul 2023 22:05
Mengapa Orang Botak Masih Perlu Keramas? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi orang botak (pexels)

ERA.id - Keramas bukan hanya kebutuhan orang berambut panjang, tetapi juga orang yang tidak punya rambut. Namun, mengapa orang botak masih perlu keramas?

Secara umum, masyarakat menganggap keramas dengan sampo diperlukan untuk kesehatan dan kebersihan rambut. Jadi, jika kepala sudah tidak berambut maka tidak membutuhkannya. Ini adalah anggapan yang salah. Untuk memahami lebih lanjut, simak penjelasan berikut yang dirangkum Era.id dari berbagai sumber.

Mengapa Orang Botak Masih Perlu Keramas?

Kulit kepala harus tetap dirawat agar tidak mengalami masalah kesehatan. Meski sudah tidak ada rambut, kulit kepala tetap memproduksi minyak. Kulit kepala yang tidak pernah dikeramasi bisa mengalami penumpukan minyak dan kotoran.

Ilustrasi orang botak dengan kulit kepala sehat (pexels)

Hal tersebut bisa memicu munculnya ketombe, iritasi, atau bahkan infeksi. Jerawat juga bisa muncul di kulit kepala jika pori-pori kulit kepala tidak dibersihkan dengan baik. Selain itu, kulit kepala juga bisa mengalami kulit kering. 

Satu hal lagi. Rambut memang sudah tidak terlihat di atas kepala, tetapi akar rambut tetap ada di dalam lapisan kulit kepala. Nah, keramas dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan akar rambut.

Tips Keramas bagi Orang Botak

·         Gunakan sampo yang sesuai jenis kulit kepala. Jangan gunakan sampo yang mengandung pewangi atau deterjen berlebihan karena hal tersebut berisiko menggangu kesehatan kulit kepala.

·         Gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit kepala. Dalam satu minggu Anda bisa menggunakan kondisioner sebanyak 2 hingga 3 kali.

·         Pijatan kulit kepala dengan lembut selama 2—5 menit saat keramas untuk memperlancar aliran darah di kulit kepala.

·         Gunakan pelembap untuk mencegah kulit kering.

·         Gunakan tabir surya sebelum keluar rumah untuk melindungi kulit kepala dari sinar Matahari. Jika kulit kepala Anda sering berkeringat, lakukan pemakaian ulang.

Gunakan topi saat berada di luar rumah, terutama saat cuaca terik.

Rekomendasi