Jarang Diketahui, Inilah Penemu Tanda Tangan Pertama Kali

| 30 Aug 2020 09:42
Jarang Diketahui, Inilah Penemu Tanda Tangan Pertama Kali
Ilustrasi John Hancock (Biography)

ERA.id - Saat sekolah dasar, kita kerap belajar tanda tangan dan paraf dari guru atau orang tua kita. Tapi, kita jarang berpikir, siapa yang pertama kali menciptakan tanda tangan?

Ternyata, orang yang pertama kali menciptakan tanda tangan adalah John Hancock. Ia membuat tanda tangan pertama kalinya untuk membuktikan identitas dirinya dari identitas dan kemauan. Tanda tangan berlaku sebagai segel. Di Inggris, tanda tangan dikenal sebagai signature.

John Hancock sendiri adalah seorang pedagang AS abad ke-18 yang merupakan presiden Kongres Kontinental dan orang pertama yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.

Dilansir Biography, ia lahir pada tanggal 23 Januari 1737, di Braintree (sekarang kota Quincy) Massachusetts. John Hancock mewarisi bisnis perdagangan yang berkembang di Boston dan, bersama Samuel Adams, menjadi tokoh utama dalam agitasi kolonial melawan pemerintahan Inggris.

John Hancock adalah orang pertama yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan dan kemudian terpilih sebagai gubernur pertama Massachusetts. Saat itu, ia juga menghadapi tuduhan salah urus keuangan.

Tanda tangan John Hancock

Semasa hidup

Hancock lahir dari cinta sepasang manusia bernama Mary Hawke dan John Hancock senior, yang berprofesi sebagai pendeta. Hancock yang lebih tua meninggal ketika John masih kecil, dan ibunya membawa dia dan saudara-saudaranya untuk tinggal bersama mertuanya di Lexington.

Dia kemudian mengirim John untuk tinggal bersama Lydia dan Thomas Hancock, bibi dan pamannya. Pasangan itu tidak memiliki anak dan karenanya mengadopsi anak laki-laki itu.

Thomas adalah seorang pedagang kaya yang memiliki bisnis perkapalan yang sangat sukses. Karenanya, John berkuliah di Harvard, almamater ayahnya, dan lulus pada 1754 dan kemudian bekerja dengan pamannya.

Pada 1759, John berkelana ke London dan tinggal di sana untuk sementara waktu, lalu kembali ke koloninya pada 1761. Tak lama setelah ia kembali, kesehatan pamannya menurun dan setelah kematian Thomas pada 1764, John mewarisi bisnis keluarga dan perkebunan.

Setelah memegang tampuk bisnis itulah, John Hancock mulai dikenal di kotanya dan di daratan Amerika karena ia berpolitik. Sebelum ia meninggal, Hancock banyak berjuang untuk Amerika. Di sisi lain, ia juga berjuang untuk kepentingan bisnisnya karena ingin lepas dari jajahan Inggris.

Hancock meninggal pada 8 Oktober 1793, saat menjabat sebagai gubernur pertama Massachusetts. Dia dimakamkan di Boston, Massachusetts.

Rekomendasi