Mengenal Nunuk Nuraini, Sosok di Balik Bumbu Lezat Produk Indomie

Tim Editor

Nunuk Nuraini (tengah) saat memamerkan produk Indomie dalam konfrensi pers yang dilaksanakan tahun 2020 (Dok. Indomie)

ERA.id - Indomie adalah makanan sederhana yang banyak penggemarnya. Kelezatannya bahkan kerap dirindukan oleh perantau yang ada di luar negeri, yang tak bisa dengan mudah mendapatkan Indomie di toko kelontong.

Patutnya kita berterima kasih kepada sosok yang menciptakan bumbu Indomie. Tanpa dia barangkali kita semua takkan bisa merasakan Indomie. Omong-omong siapa sih orangnya?

Ternyata, di balik rasa lezat Indomie, ada tangan dan pikiran ajaib dari perempuan bernama Nunuk Nuraini. Nunuk sendiri merupakan seorang insinyur lulusan Teknik Pangan Universitas Padjajaran, Bandung.

Kolaborasi antara ilmu memasak serta teknologi pangan yang mumpuni, membuatnya suskes dalam meracik bumbu lezat Indomie. Kabarnya, Nunuk ditugaskan Indofood selama 26 tahun lamanya untuk menciptakan semua varian rasa indomie.

Salah satu Indomie yang legendaris buatan Nunuk adalah Indomie Goreng, yang mana juga merupakan karya pertamanya. Memang sih, Indomie Goreng adalah varian rasa yang paling mudah didapatkan di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Tidak spesifik seperti Coto Makassar, Mie Kocok Bandung dll. Nunuk Nuraini sejauh ini sudah membuat 70-an rasa Indomie.

Dalam sebuah wawancara, Nunuk menanggapi soal bumbu dalam Indomie yang bisa membahayakan orang yang memakannya jika terlalu sering. Menurutnya, bumbu yang ia gunakan berasal dari bahan-bahan alami dengan konsentrasi MSG yang terjamin porsinya.

Nunuk juga mengedepankan keamanan serta keselarasan tiap varian indomie. Sebelum dimasukkan ke dalam kemasan, Nunuk tak lupa untuk membuat testernya dengan bantuan teknologi yang mumpuni. Ia juga membuat makanan aman dan berkualitas sampai kini.

Untuk diketahui, kerjaan Nunuk Nuraini sendiri hanya berfokus dalam pengembangan rasa baru untuk produk mie instan. Dia tidak ikut dalam proses pembuatan mie dan bahan pengawet, karena sudah ada divisi tersendiri untuk menangani hal tersebut. Jadi, sudah tidak penasaran lagi kan siapa peracik bumbu lezat indomie?

Peluncuran pertama Indomie

Indomie memang sulit ditandingi. Ia menjadi salah satu produk paling laris yang dibeli di dunia. Bahkan Januari 2017 lalu, perusahaan riset Kantar Worldpanel menggelar survei dan hasilnya Indomie ada di peringkat kedelapan.

Indomie goreng juga telah merambah banyak negara termasuk Amerika Serikat, Australia, Inggris, Timur Tengah dan China.

Produk Indomie yang paling laris adalah Indomie Goreng. Sejarahnya, Indomie Goreng pertama kali diluncurkan pada tahun 1982. Sampai sekarang, rasanya tidak pernah berubah walau Indomie mengganti bubuk cabai dengan saus pedas dan menambah bawang goreng sebagai pelengkap.

Indomie pertama kali diproduksi oleh PT Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., tahun 1972. Dua rasa pertama yang dikenalkan adalah Rasa Sari Ayam dan Rasa Sari Udang. Tahun 1982, Indomie Rasa Kari Ayam dikenalkan. Saking populernya, kata "Indomie" identik dengan mi instan walau merknya bukan "Indomie".

Tag: viral indomie

Bagikan: