Mengenal Mangaka Fujiko A. Fujio: Kreator Doraemon yang Hebat Sejak Kecil Bersama Sahabatnya

| 08 Apr 2022 09:01
Mengenal Mangaka Fujiko A. Fujio: Kreator Doraemon yang Hebat Sejak Kecil Bersama Sahabatnya
The Japan News

ERA.id - Kreator Doraemon dan Ninja Cilik Hattori meninggal dunia. Ia adalah Fujiko A. Fujio. Pria kelahiran 10 Maret 1934 itu dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di Kawasaki, Tokyo, pukul 08.40 pagi pada 7 April 2022.

Sebelum meninggal, polisi menerima laporan bahwa di dalam rumahnya terdengar ada suara benda jatuh. Ketika polisi mendatangi rumahnya, mangaka tersebut sudah dalam keadaan tak bernyawa lagi. Namun, hingga saat ini, belum ada kecurigaan perihal sebab apa ia meninggal. 

Seniman yang memiliki nama asli Motoo Abiko ini lahir di Prefektur Toyama. Sejak kecil ia sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia manga, dan saat itu ia begitu mengidolakan Ozamu Tezuka (seniman pencipta tokoh Atom Boy).

Bakatnya menjadi mangaka terhebat di Jepang tidak lepas juga dari teman sepermainnya semasa kecil, yaitu Fujimoto Hiroshi (telah meninggal dunia pada September 1996).

Abiko sempat bekerja di koran lokal, tetapi tak lama kemudian ia datang ke Tokyo dan tinggal di Tokiwaso—sebuah apartemen tempat berkumpul para mangaka.

Fujiko Fujio/Japan.net.vn

Motoo Abiko dan Horoshi membentuk nama pena Fujiko Fujio yeng kemudian menghasilkan manga Doraemon. Mereka secara resmi membuat debut profesional tahun 1951.

Pada 1964, mereka berdua mulai membuat serial Obake no Q-taro di majalah manga Shonen Sunday

Manga buatan mereka digemari oleh semua kalangan dan semua usia, sebab mereka menggabungkan antara humor dan fantasi. 

Akan tetapi, pada 1986, mereka berdua menyatakan berpisah dan fokus pada karya masing-masing. 

Hiroshi dengan mengguna nama pena Fujiko F. Fujio menghasilkan karyanya sendiri, yaitu P-Man, 21-Emon, Mojacko, Umeboshi Denka, Esupā Mami, Kiteretsu Daihyakka, dan Chimpui

Sedangkan, Abiko dengan nama pena Fujiko A. Fujio menghasilkan karya sebagai berikut: Ninja Cilik Hattori, Kaibutsu Kun, Warau-Salesman, Manga Michi, Matarō ga Kuru!!, Puro Gorufā Saru, Shadow Shokai Henkirou, dan Shonen Jidai. 

Pada tahun 2005, Abiko menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Asosiasi Kartunis Jepang untuk karyanya.

Kepergiaan Motoo Abiko alias Fujiko A. Fujio pada pagi hari, tanggal 7 April 2022, jelas menyisakan duka mendalam bagi penggemarnya di seluruh dunia, khususnya penggermar di Indonesia. Selamat jalan, Legenda!

The Japan News
Rekomendasi