Nobita Memang Sederhana, tapi Rumahnya Dihargai Miliaran Rupiah

| 16 Feb 2021 20:00
Nobita Memang Sederhana, tapi Rumahnya Dihargai Miliaran Rupiah
Rumah Nobita Nobi (Doraemon Wiki Fandom)

ERA.id - Keluarga Nobita Nobi itu sederhana. di balik kesederhanannya itu, harga rumah Nobita Nobi itu mahal. Jia dihargai pakai rupiah, harga rumah Nobita Nobi bisa mencapai miliaran rupiah.

Lebih tepatnya, harga rumah keluarga Nobita ditaksir Rp9 miliar lebih, jika dikonversi dari mata uang Yen saat ini. Angka itu hasil dari kalkulasi jika melihat ruang per ruang, perabotan, dan daerah tempat tinggalnya.

Siapa yang mengkalkulasinya? Adalah seorang penulis light novel, SOW. Untuk era 1970-an, rumah biasa di era itu dimiliki keluarga Nobi. Rumah dua lantai yang terletak di Nerima Ward, Tokyo, harganya ditaksir kisaran 70 juta yen.

"Tetap saja, nilai hipoteknya sekitar 200.000 yen per bulan (Rp25.936.000). Ayah Nobita pasti punya gaji yang oke. Sebelum ada yang bilang, 'bukannya mereka menyewa rumah itu?' harga sewa untuk rumah seperti ini kira-kira 160.000 yen (Rp20.748.800) memperhitungkan harga dasar rumahnya," katanya.

Tak cuma diceritakan, rumah Nobita juga sudah dibuat dioramanya di museum pengarang komik Doraemon, Fujiko Fujio, yang terletak prefektur Kanagawa, Jepang.

Rumah Nobita khas prefektur Jepang. Terdiri dari dua lantai dan dikelilingi oleh pagar. Warnanya dominan krem dengan atap berwarna merah bata.

Dari area foyer, sebagai tempat melepas alas kaki, tidak seperti yang kita lihat pada umumnya. Foyer pada budaya Jepang diistilahkan dengan nama genkan. Genkan milik Nobita kecil, karena hanya difungsikan meletakkan barang-barang sebelum masuk rumah.

Genkan Nobita

Ruang tamunya menarik. Konsepnya tidak terlalu mengikuti budaya Jepang. Ruangan budaya di Jepang umumnya lebih dekat ke arah tanah, menggunakan meja dan tempat duduk lesehan. Ruang tamu rumahnya juga menggunakan meja dan sofa seperti kebanyakan ruang tamu.

Ruang tamu Nobita

Sementara ruang keluarganya yang ditempatkan bersebelahan dengan ruang tamu ditata secara minimalis. Di sana, hanya ada sebuah meja dilengkapi beberapa bantalan duduk dan sebuah televisi tabung di sudut ruangan. Satu sisi dari ruang keluarga ini menggunakan pintu geser kaca, sebab mengarah langsung ke taman rumah.

Di halaman rumah, mereka tidak memiliki banyak tumbuhan, hanya ada beberapa dan ditanam di sudut-sudut rumah. Area ini lebih difungsikan sebagai area menjemur pakaian. Berkat rumahnya yang memiliki pondasi tinggi, halaman ini memiliki papan kayu sebagai tempat bersantai.

Kamar Nobita

Sekarang mari kamar Nobita di lantai 2. Tempat yang paling banyak disorot dalam serial Doraemon. Apalagi saat Doraemon membangunkan Nobita yang sedang tidur. Kamar Nobita tidak banyak furnitur, hanya meja belajar dan rak berukuran besar. Di salah satu sisi kamarnya terdapat lemari geser tempat tidur Doraemon.

Rekomendasi