Mahfud MD Mundur dari Jabatan Menko Polhukam

| 31 Jan 2024 14:11
Mahfud MD Mundur dari Jabatan Menko Polhukam
Mahfud MD mundur sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). (Antara)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD menyatakan mundur sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

"Saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau. Dan saya akan melaporkan saya sudah selesai," kata Mahfud saat konferensi pers di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Rabu (31/1/2024).

Mahfud menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam selalu dibawanya. Surat itu akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika bertemu. Diperkirakan, surat pengunduran diri itu akan diberikan pada Kamis (1/2/2024) besok.

Sebelumnya, Mahfud MD dikabarkan menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno pada Senin (29/1).

Kabar tersebut dikonfirmasi Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Menurutnya, Mahfud menemui Pratikno untuk meminta izin bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Malam hari, Senin, tanggal 29 Januari 2024, pukul 19:15 WIB, Menko Polhukam Mahfud MD bertemu Mensesneg. Pak Mahfud menyampaikan permohonan kepada Pak Presiden untuk dapat diterima menghadap beliau," kata Ari kepada wartawan, Selasa (30/1).

Dalam pertemuan itu, Pratikno menyampaikan Presiden Jokowi belum bisa ditemui karena sedang ada kunjungan kerja ke sejumlah daerah. Kepala Negara dijadwalkan kembali ke Jakarta pada 1 Februari 2024.

Ari menyebut Pratikno berjanji akan langsung menginfokan permintaan Mahfud untuk bertemu setibanya Jokowi di Jakarta.

"Pak Mensesneg akan melaporkan permohonan Pak Menko Polhukam kepada presiden pada kesempatan yang sama," kata Ari.

Rekomendasi