10 Makna Seserahan Pernikahan, Bukan Sekadar Formalitas Lho..

| 23 Sep 2022 22:03
10 Makna Seserahan Pernikahan, Bukan Sekadar Formalitas <i>Lho</i>..
Cincin seserahan (YouTube)

ERA.id - Sudah menjadi tradisi di kebanyakan wilayah di Indonesia jika melangsungkan pernikahan akan diikuti dengan serah-serahan atau seserahan. Tahukan Anda, terdapat beberapa makna seserahan pernikahan. Apa saja?

Dilansir dari Jurnal Fisip Universitas Riau, seserahan merupakan simbolik dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak keluarga, terutama orang tua calon pengantin perempuan.

Adat seserahan khususnya di Jawa biasanya diberikan pada saat malam sebelum akad   nikah   pada   acara midodareni. Tetapi ada juga yang  melakukan seserahan pada saat  acara pernikahan. 

Di masa sekarang, hantaran (peningset) pun bisa ditampilkan dengan lebih kreatif. Pada    awalnya, serah-serahan dilaksanakan sekitar dua atau tiga hari menjelang upacara panggih.

Acara pemberian seserahan dilaksanakan di kediaman keluarga calon pengantin wanita  dan  dihadiri kedua keluarga. Menurut adat  Jawa, serah-serahan peningset biasanya  diberikan  pada  malam hari  sebelum  acara  pernikahan.

Meskipun demikian, walau  pihak pengantin tidak mengadakan malam midodareni, tapi  tetap  saja  pada  malam hari sebelum hari pernikahan akan diadakan acara silaturahmi

Makna Seserahan Pernikahan

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan simbol dan harapan agar pasangan nantinya dapat menghasilkan buah yang melimpah bagi keluarga. Umumnya buah yang diberikan dalam seserahan adalah buah pir, anggur, apel, jeruk, dan pisang.

  1. Daun sirih ayu

Meskipun daun sirih bukan kebutuhan dasar calon pengantin wanita, namun suruh ayu memiliki makna mendoakan kebahagiaan dan keselamatan kedua calon mempelai pengantin didalam kehidupan baru yang mereka tempuh.

  1. Alat sholat

Alat shalat adalah simbol agar pengantin harus senantiasa berpegang teguh dengan nilai agama. Isi dari seserahan di antaranya sajadah, mukena, al-quran, dan tasbih.

  1. Cincin

Cincin merupakan sebagai simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa terus bersama sampai akhir hayatnya.

  1. Sepatu/Sandal

Makna sepatu, sandal, dan selop itu adalah supaya kedua calon mempelai selalu berjalan beriringan dalam mengarungi kehidupan rumah tangganya. S

  1. Pakaian Wanita

    Seserahan pakaian wanita (Pinterest)

Satu set busana wanita memiliki makna bahwa kedua calon pengantin bisa menyimpan rahasia rumah tangganya dengan baik.

  1. Tas

Tas bermakna agar calon mempelai pria mampu membiayai keperluan calon istrinya termasuk aksesoris seperti tas.

  1. Perhiasan

Perhiasan adalah simbol supaya calon mempelai wanita selalu bersinar dan bercahaya dan tidak mengecewakan keluarganya kelak. Perhiasan yang biasanya diberikan itu seperti anting, cincin, kalung, gelang, atau liontin untuk mempelai wanita.

  1. Make Up

    Makna seserahan make up (Pinterest)

Makna make up atau peralatan rias agar wanita bisa selalu menjaga penampilan di depan suami. Peralatan make up diberikan bertujuan untuk agar istri selalu tampil cantik setiap saat dan agar terlihat cantik di depan suami.

   10. Makanan Tradisional

Terakhir adalah makanan tradisional yang menjadi simbol harapan bahwa kedua pasangan akan selalu bersatu sampai akhir hayat dan silaturahmi antara kedua keluarga akan tetap terjaga selamanya.

Di Jawa, biasanya makanan hantaran dipilih yang berbahan dasar beras ketan seperti lemper, kue lapis, jenang, dan sebagainya. Makna makanan tradisional ini juga agar cinta kedua calon pengantin selalu lengket sepanjang masa, sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

Selain makna seserahan pernikahan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi