Apa Saja Alat Musik Sunda yang Paling Populer?

| 05 Nov 2022 10:03
Apa Saja Alat Musik Sunda yang Paling Populer?
Gamelan Sunda (Twitter)

ERA.id - Sunda memiliki begitu banyak kekayaan budaya salah satunya musik. Terdapat beberapa alat musik Sunda yang populer, apa saja? Mari simak lebih lanjut melalui artikel ini.

Masyarakat Sunda mempertahankan tradisi dengan melakukan ritual lokal, pakaian tradisional, tarian tradisional, lagu tradisional, dan juga alat musik tradisional. Alasan mengapa orang Sunda populer dengan musik adalah karena keselarasan antara alat musik dan puisi yang mirip dengan cerita rakyat Jawa Barat.

Melalui bahasa Sunda, orang-orang Sunda sendiri pandai membuat syair menjadi sebuah lagu yang bagus. Lagu tersebut umumnya akan diikuti oleh alat musik tradisional mereka yang sudah ada sejak lama.

6 Alat Musik Sunda

  1. Calung

Calung adalah sejenis alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Bambu harus disusun dengan rapi kemudian memainkannya dengan palu khusus dari bagian-bagian bambu. Selain itu, bambu harus dipilih dengan bambu hitam atau putih tertentu.

Orang Sunda biasa menyebut bahan bambu sebagai Awi Wulung dan Awi Temen. Bahan bambu yang bagus itu diklaim bisa menjadi sumber suara yang bagus pada Calung. Alat musik ini memiliki suara yang mirip dengan Angklung dari Jawa Tengah tetapi memiliki sedikit perbedaan.

  1. Suling Sunda

    Suling khas Sunda (Twitter)

Suling Sunda adalah sejenis alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu yang mirip dengan seruling umum di Indonesia, tetapi dengan nama yang berbeda. Suling ini memiliki sekitar empat hingga enam lubang di dalamnya untuk membuat suara lebih tinggi dari seruling lain di Indonesia.

Anda dapat menemukan Suling Sunda di sebagian besar lagu Sunda dengan suara yang unik dengan nada yang lebih tinggi, biasanya digunakan sebagai melodi sebuah lagu. Alat musik ini sangat populer di sebagian besar lagu Sunda yang dapat Anda temukan.

  1. Celempung

Celempung adalah sejenis alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Lebih khusus lagi, alat ini memiliki kombinasi kulit dan bagian-bagian bambu lainnya. Celempung akan memberikan suara yang unik dengan begitu banyak integrasi yang hebat.

Celempung dimainkan dengan cara mengetuk bambu dengan irama tertentu  menggunakan palu tertentu. Cara mainnya, satu tangan meninju bambu, dan tangan lainnya mengatur keselarasan antara tubuh celempung.

  1. Kecapi

    Jenis-Jenis Kecapi (Twitter)

Kecapi adalah sejenis alat musik tradisional sunda yang terbuat dari bahan kayu dengan senar. Alat ini dimainkan dengan memetik senar sehingga Anda dapat menemukan ritme dalam harmoni yang baik.

Ada dua macam Kecapi dalam alat musik tradisional Sunda yaitu Kecapi Indung dan Kecapi Rincik. Kecapi Indung memiliki sekitar 18 hingga 20 senar sebagai intro atau pengatur tempo lagu.

Kecapi Rincik sebagai pengisi ruang ritme lagu untuk menemukan frekuensi yang lebih tinggi di antara nada. Alat musik ini menyatu sempurna dengan alat musik tradisional Sunda lainnya dalam banyak lagu Sunda.

  1. Jentreng

Jentreng adalah sejenis alat musik tradisional sunda yang terbuat dari kayu lengkap dengan senarnya. Alat ini mirip dengan Kecapi tetapi hanya memiliki tujuh senar dan ukurannya lebih kecil dari Kecapi.

Suara Jentreng berbeda jika dibandingkan dengan Kecapi. Meskipun bentuknya sangat mirip, tetapi instrumen ini memiliki suara yang lebih rendah dengan bass yang dalam. Anda dapat dengan mudah menemukan instrumen ini di beberapa tarian tradisional di Jawa Barat.

  1. Karinding

    Pengrajin Karinding Sunda (Twitter/Suara Nusantara)

Karinding adalah sejenis alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari pelepah bambu atau pelepah pohon aren. Karena pohon palem sangat sulit dijangkau, kebanyakan orang Sunda memilih bambu untuk membuat karinding.

Karinding memiliki fungsi yang unik berdasarkan bahan yang dipilih orang Sunda. Karinding yang terbuat dari bahan bambu sebaiknya dimainkan oleh laki-laki dan karinding yang dibuat dari pelepah pohon aren hanya boleh dimainkan oleh wanita.

Karinding harus ditiup untuk menghasilkan suara yang bagus. Selain itu, tangan Anda berfungsi sebagai palu untuk menekannya secara berirama. Diperlukan kombinasi yang baik antara tiupan dan penekanan agar suara dapat terdengar harmonis.

Selain alat musik sunda, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi