Sedang Viral, Begini Sejarah Latto-latto, Manfaat, dan Cara Memainkannya

| 26 Dec 2022 20:35
Sedang Viral, Begini Sejarah Latto-latto, Manfaat, dan Cara Memainkannya
Ilustrasi permainan latto-latto (Foto: Twitter.com)

ERA.id - Akhir-akhir ini, permainan anak yang disebut latto-latto sedang viral di berbagai media sosial, khususnya di TikTok. Jenis permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh semua kalangan masyarakat, dari anak-anak, remaja, hingga orang-orang dewasa.

Lantas, dari mana sebenarnya permainan ini berasal, dan bagaimana sejarah latto-latto pada mulanya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Fakta dan Sejarah Latto-latto

Di bawah ini adalah beberapa fakta dan sejarah latto-latto yang dihimpun dari beberapa sumber:

Berasal dari bahasa Bugis

Kata latto-latto adalah sebutan permainan tradisional yang sebenarnya berasal dari bahasa Bugis. Di daerah Makassar sendiri permainan ini disebut dengan katto-katto, sementara di Pulau Jawa permainan ini disebut dengan etek-tek.

Bukan permainan asli Indonesia

Walaupun banyak ditemukan di Indonesia sejak zaman dahulu, ternyata permainan ini pertama kali muncul pada 1960-an dan selanjutnya populer pada tahun 1970-an di Amerika. Sedangkan di Amerika sendiri, latto-latto memiliki sebutan clankers.

Permainan yang satu ini tidak bertahana lama karena sempat menelan korban jiwa. Selanjutnya pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, oleh penjabat sekolah setempat permainan ini sempat dilarang.

Permainan Tradisional

Latto-latto adalah salah satu jenis permainan tradisional yang dapat ditemukan di wilayah indonesia. Sejak jaman 1990-an, permainan latto-latto sangat ikonik, terutama untuk masyarakat yang hidup di wilayah pedesaan. 

Material Latto-latto dari kaca

Di awal kemunculan, material latto-latto tersusun dari bahan kaca dan cara memainkannya cukup dianggap sangat berbahaya. Para pemain ini tak jarang membanting clackers dengan keras hingga pecahannya bertebaran dan melukai tubuh seseorang.

Namun, seiring berjalannya waktu, material latto-latto mulai diubah dengan bahan plastik atau kayu. Sehingga saat dimainkan menjadi lebih ringan dan lebih aman daripada latto-latto yang terbuat dari bahan kaca.

Harga latto-latto cukup variatif

Harga lato lato sendiri disesuaikan dengan tempat ataupun wilayah masing-masing. Permainan ini bisa didapatkan dengan mudah seperti di toko kelontong, media sosial, supermarket ataupun toko online lainnya. Harga dari latto-latto juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 - Rp12000.

Apa Manfaat dari Permainan Latto-latto?

Walaupun permainan latto-latto terkesan mudah untuk dimainkan, ternyata permainan ini juga memberikan banyak manfaat bagi Anda, antara lain:

1. Meningkatkan kepercayaan Diri

2. Menstimulasi kemampuan dasar motorik

3. Menjaga ketenangan pikiran

4. Sebagai sarana latihan kesabaran

5. Dan juga melatih keseimbangan tubuh

Cara Memainkan Latto-latto

Ilustrasi permainan latto-latto (Foto: Tutura.id)

Cara bermain latto-latto sebenarnya tidaklah sulit, bahkan seluruh kalangan pasti bisa memainkan jenis permainan ini. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat memainkannya, yaitu dengan cara menggoyangkan dan menjaga keseimbangan dua bola latto-latto agar saling berbenturan dengan konstan.

Saat melihat orang lain memainkan latto-latto memang terlihat mudah. Namun, sebenarnya permainan latto-latto ini cukup sulit dimainkan. Adapun cara mudah bermain latto-latto yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Pertama, Anda harus memastikan kedua bola latto-latto tepat dengan posisi sama dan juga seimbang.

Jepit titik tengah tali latto-latto di antara jari tangan

Selanjutnya, Anda hanya perlu menggoyangkan tangan sampai latto-latto saling beradu dan mengeluarkan bunyi "Tek-tek-tek".

Kunci yang paling penting dalam melakukan permainan latto-latto ini adalah dengan tetap menjaga keseimbangan bola dan juga fokus pada permainan ini.

Nah, demikianlah penjelasan tentang sejarah latto-latto, cara memainkannya, dan juga manfaat dari permainan ini. Anda tertarik untuk mencoba?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi