Sah! Disdik Cirebon Larang Anak-Anak Bawa Mainan Latto-Latto ke Sekolah karena Bikin Bising

| 10 Jan 2023 09:35
Sah! Disdik Cirebon Larang Anak-Anak Bawa Mainan Latto-Latto ke Sekolah karena Bikin Bising
Permainan lattp-latto. (Antara)

ERA.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melarang anak-anak membawa permainan latto-latto ke sekolah, karena suara bising mainan itu, serta membahayakan bila terlepas.

"Kami segera mengeluarkan surat edaran (terkait larangan membawa permainan lato-lato ke sekolah)," kata Sekretaris Disdik Kabupaten Cirebon, Sudiharjo, Senin (9/1/2023).

Ia mengatakan, dikeluarkannya surat edaran itu dikarenakan adanya korban permainan ketangkasan tersebut di sejumlah daerah.

Pihaknya tidak menginginkan terjadinya hal serupa di Kabupaten Cirebon, sehingga surat edaran itu sebagai antisipasi agar latto-latto tidak sampai memakan korban.

Selain dikhawatirkan membahayakan, latto-latto diimbau tidak dibawa ke sekolah, karena suara bising yang ditimbulkan dari hentakannya dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Menurutnya surat edaran itu akan dikeluarkan paling lambat dikirimkan ke seluruh SD dan SMP se-Kabupaten Cirebon pada Rabu (11/1) atau Kamis (12/1). Surat edaran itu bakal dikirim ke 870-an SD dan 80-an SMP di Kabupaten Cirebon.

Ia mengakui, hingga kini belum menerima laporan timbulnya korban akibat permainan latto-latto dari kalangan siswa maupun guru dan orang tua.

"Jangan sampai ada korban permainan ini di Kabupaten Cirebon, dan kami tidak menginginkannya sehingga menyiapkan langkah antisipasinya," katanya.

Rekomendasi