Pantangan Umat Hindu saat Hari Raya Nyepi, Tidak Boleh Keluar Rumah hingga Menggunakan Listrik

| 22 Mar 2023 18:05
Pantangan Umat Hindu saat Hari Raya Nyepi, Tidak Boleh Keluar Rumah hingga Menggunakan Listrik
Pantangan umat hindu saat hari raya nyepi (Unsplash)

ERA.idNyepi adalah hari raya besar yang dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia, khususnya di Bali. Dalam menjalankannya, terdapat pantangan umat Hindu saat Hari Raya Nyepi, apa saja?

Perlu diketahui pada hari Nyepi, umat Hindu melakukan puasa dan meditasi selama 24 jam. Selama hari raya ini, ada beberapa pantangan yang harus diikuti oleh umat Hindu.

Pantangan Umat Hindu saat Hari Raya Nyepi

Terdapat beberapa pantangan umat Hindu saat hari raya Nyepi, berikut ini empat larangan utama Nyepi:

  1. Amati Geni (tidak boleh menyalakan api, lampu, listrik)
  2. Amati Karya (tidak boleh bekerja)
  3. Amati Lelunganan (tidak boleh bepergian)
  4. Amati Leanguan (Puasa dan tidak boleh ada hiburan)

Perlu diketahui, aturan-aturan nyepi tersebut sebenarnya bertujuan untuk menciptakan lanskap damai. Sehingga umat manusia dapat kembali ke masa lalu dan bebas dari teknologi.

Pada hari raya Nyepi, Anda memang tidak boleh melakukan berbagai aktivitas dikarenakan pada hari tersebut Anda diharuskan untuk berhenti, menenangkan diri dan melakukan kontemplasi.

Aturan yang Harus Diikuti Umat Selama Nyepi

Berikut adalah aturan utama yang harus umat diikuti selama Nyepi:

  1. Tidak boleh keluar ke jalan

Setiap orang diharuskan untuk tetap berada di dalam tempat tinggal mereka pada hari raya Nyepi. Dengan demikian, selama Nyepi tidak ada lalu lintas di jalan, jalan tol, atau orang-orang di jalanan.

Setiap desa di Bali akan menugaskan penegak hukum setempat (pecalang) untuk berpatroli di jalan-jalan dengan sepeda untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang keluar dari tempat tinggalnya.

  1. Tidak Ada Kendaraan

    Tidak boleh ada kendaraan di jalanan selama Nyepi (Unsplash)

Tidak ada kendaraan bermotor yang boleh digunakan di Bali ketika Nyepi (dengan pengecualian untuk layanan darurat)

  1. Bersikap tenang

Semua umat saat hari Nyepi diwajibkan untuk menjaga tingkat kebisingan seminimal mungkin (tidak ada seorangpun di luar kamar yang dapat mendengar Anda).

  1. Tidak ada cahaya

Aturan ini adalah elemen yang paling khas dari Nyepi, ketika tidak ada polusi cahaya di langit maka Anda dapat melihat bintang-bintang bersinar. 

Pastikan Anda melihat cakrawala yang berkilauan setelah matahari terbenam. Momen tersebut mungkin merupakan bagian terbaik dari seluruh pengalaman hari Nyepi. Anda dapat menggunakan pencahayaan rendah untuk menerangi sekitar ruangan Anda dan melihat menggunakan jendela.

  1. Tidak ada listrik

Aturan ini masih bisa diperdebatkan, karena beberapa orang masih menggunakannya. Secara teknis, Anda tidak boleh menggunakan listrik, namun tidak akan ada orang di kamar Anda yang mengawasi hal ini.

Jika Anda memilih untuk menggunakan listrik, gunakanlah untuk hal-hal yang tidak mengganggu ketenangan (misalnya tidak ada stereo, speaker, TV). Matikan semua peralatan elektronik otomatis yang dapat menyebabkan gangguan (pompa kolam renang, lampu sensor, dan lain sebagainya.

Pantangan-pantangan di atas harus dipatuhi oleh seluruh umat Hindu selama Hari Raya Nyepi, sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan dan juga sebagai cara untuk menjaga keselarasan dan keteraturan alam semesta.

Selain pantangan umat hindu saat hari raya nyepi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi