Berbagai Contoh Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Halus dan Tradisi Pengucapannya

| 14 Apr 2023 20:20
Berbagai Contoh Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Halus dan Tradisi Pengucapannya
Ilustrasi anak sungkem kepada ibunya (antaranews)

ERA.id - Salah satu yang khas dari Idulfitri adalah kegiatan saling meminta maaf dan saling memaafkan. Ini dilakukan dengan orang yang seumuran, lebih muda, dan lebih tua. Di masyarakat Jawa, sungkem Lebaran bahasa Jawa halus adalah hal yang umum.

Dalam KBBI, sungkem memiliki makna sujud (tanda bakti dan hormat). Kemudian, sungkeman memiliki dua makna, yaitu sungkem dan upacara memohon restu (oleh pengantin, dan sebagainya).

Sungkem atau sungkeman dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua. Pada praktiknya, sungkem atau sungkeman tidak dilakukan dengan bersujud, melainkan memosisikan tubuh lebih rendah dari orang yang lebih tua atau disungkemi.

Sungkem saat Lebaran

Sungkem saat Idulfitri atau Lebaran merupakan tradisi yang ada di masyarakat Jawa sejak zaman dahulu. Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah melaksanakan salat Id dan sarapan.

Orang-orang yang sudah tua atau dituakan menunggu di rumah. Sementara, orang-orang yang lebih muda berkeliling dari satu rumah ke rumah lain yang di dalamnya ada orang yang sudah tua atau dituakan untuk melakukan sungkem.

Tradisi sungkem kepada orang tua di Jawa (situs resmi Desa Sembirkadipaten, Kebumen)

Di sana, orang yang lebih tua biasanya duduk di kursi. Tamu yang akan melakukan sungkem mendekat ke orang tersebut dan merendahkan tubuhnya dengan berlutut atau agak berjongkok, bersalaman dengan orang yang disungkemi (bisa juga tidak), mencium tangan orang yang disungkemi (kepada orang tua), dan mengucapkan ucapan sungkem dalam bahasa Jawa krama inggil atau bahasa Jawa halus (ada pula yang menggunakan bahasa Indonesia).

Ucapan tersebut bisa beragam bentuk dan jenisnya. Namun, secara umum ucapan sungkem berisi ucapan selamat Idulfitri dan permohonan maaf. Setelah ucapan sungkem diucapkan, orang yang disungkemi biasanya akan menjawab dengan memberikan maaf, turut meminta maaf, dan mendoakan tamu agar mendapatkan hal-hal baik.  

Tradisi ini masih dilakukan oleh mayoritas muslim Jawa, terutama saat berada di kampung halaman. Selama perjalanan dari satu rumah ke rumah lain orang-orang bertemu di jalan sehingga bisa sekalian saling meminta maaf dan memaafkan.

Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Halus

Seperti telah disampaikan sebelumnya, jenis dan bentuk dari ucapan sungkem bisa berbeda-beda. Anda bahkan bisa membuat ucapan Anda sendiri dengan bahasa yang santun. Namun jika Anda bingung, berikut ini beberapa contoh ucapan sungkem Lebaran bahasa Jawa halus yang bisa Anda gunakan, dikutip Era.id dari berbagai sumber.

1.    Sugeng riyadi kaliyan kula ngaturaken sedaya kalepatan kula nyuwun agunging samudra pangaksami.

2.    Kula ngaturaken sembah pangabekti kawula sepinten kalepatan kula ingkang mboten angsal idining sarak, dalem nyuwun pangapunten. Mugi linebur wonten ing dinten riyaya punika.

3.    Kula ngaturaken sugeng riyadi kaliyan nyuwun pangapunten dumatheng sedaya kelepatanipun kaliyan klenta-klentunipun kula.  

4.    Kula sowan wonten ing ngarsanipun Bapak/Ibu/Embah. Sepindah, nyaos sembah pangabekti mugi katur ing ngersanipun Bapak/Ibu/Embah. Ongko kalih, mbok bilih wonten klenta-klentunipun atur kula saklimah, tuwin lampah kula satindak ingkah kula jarang kaliyan mboten ndadosaken sarjuning panggalih. Mugi Bapak/Ibu/Embah kersa maringi agunging samudra pangaksami. Kula suwun kaleburna ing dinten riyadi punika kaliyan ingkang putra nyuwun berkah saha pangestu.

5.    Kula ngaturaken sembah ngabekti dhateng panjenengan, ugi nyuwun pangapunten ing sadeleme manah dumateng sedaya agengipun kelepatanipun tindak tanduk ingkang katingal menapa mboten katingal. Mugi-mugi Allah nglebur dosa kula kaliyan panjenengan wonten ing dinten riyaya menika.

6.    Kepareng matur dumateng Bapak/Ibu/Embah, kula ngaturaken sedaya kalepatan kula, kula nyuwun agunging pangapunten saking Bapa/Ibu/Embah kaliyan kula nyuwun donga pangestunipun.

7.    Wonten ing dinten riyaya menika, kula menawi gadah kalepatan dhumateng Ibu/Bapak, kula nyuwun agunging samudra pangaksami.

8.    Bapak/Ibu/Embah, ingkang sepindah kula ngaturaken sugeng riyadi. Kaping kalihipun, kula nyuwun pangapunten dumateng sedaya kalepatan.

Itulah beberapa contoh ucapan sungkem bahasa Jawa halus yang bisa Anda gunakan saat Idulfitri. Anda bisa bertanya kepada orang tua mengenai makna dari ucapan tersebut agar lebih meresapi saat menggunakannya.

Rekomendasi