Jadwal dan Susunan Peringatan Waisak 2024 di Borobudur: Pesta Lampion, Meditasi, hingga Pasar Medang

| 22 May 2024 20:01
Jadwal dan Susunan Peringatan Waisak 2024 di Borobudur: Pesta Lampion, Meditasi, hingga Pasar Medang
Jadwal dan susunan peringatan waisak 2024 di borobudur (Freepik)

ERA.id - Tahun ini umat Buddha di seluruh dunia akan memperingati hari Tri Suci Waisak, dan Candi Borobudur kembali menjadi sentral. Tertarik mengikuti prosesi? Artikel ini akan mengulas jadwal dan susunan peringatan Waisak 2024 di Borobudur.

Perpaduan tradisi dan modernitas akan mewarnai rangkaian acara yang digelar pada peringatan Waisak yang jatuh pada 23 Mei 2024, dan mengantarkan umat Buddha dan masyarakat luas dalam momen spiritual yang penuh makna.

Jadwal dan Susunan Peringatan Waisak 2024 di Borobudur

Ribuan umat Buddha di Indonesia dan dunia akan berkumpul di Candi Borobudur untuk merayakan Hari Raya Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024.

Perayaan tahun ini mengusung tema "Untuk Hidup Bahagia Sebagai Mahluk Dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran Yang Di Ajarkan Oleh Sang Buddha" dengan sub-tema "Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan Dan Kebencian".

Dilansir dari laman resmi Walubi, acara diawali dengan penyalaan lilin dan dupa oleh para pemuka agama Buddha, diikuti dengan sambutan dari Ketua Umum WALUBI dan Menteri Agama Republik Indonesia.

Kemudian acara diikuti sejumlah majelis Buddha kemudian memanjatkan doa, dilanjutkan dengan renungan Waisak dan ceramah Dharma oleh Guru Vajradhara.

Tepat pada pukul 20:52:42 WIB, umat Buddha bersama-sama memanjatkan doa dan meditasi menyambut detik-detik Waisak. Momen sakral ini diikuti dengan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali, dipimpin oleh para Bhikkhu Sangha.

Masih Ada Rangkaian Acara Setelah Waisak (Freepik)

Puncak perayaan diakhiri dengan Festival Lampion, di mana ribuan lampion akan diterbangkan ke langit dengan membawa harapan dan doa umat Buddha untuk kedamaian dan kebahagiaan.

Perayaan Waisak 2568 BE di Candi Borobudur menjadi momen penting bagi umat Buddha di Indonesia untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yaitu kelahiran, pencerahan, dan parinibbana.

Perayaan waisak juga menjadi pengingat untuk selalu menerapkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari, demi mencapai kebahagiaan sejati.

Bagi Anda yang ingin mengikuti prosesi Waisak disarankan untuk membuat pengaturan penginapan dan transportasi terlebih dahulu.

Pada malam acara, penduduk setempat dan wisatawan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Bulan purnama menerangi barisan biksu berjubah oranye yang berbaris dengan lilin dan bunga di tangan mereka.

Para biksu peziarah, berjalan dalam kegelapan, dalam konvoi panjang dari desa Mendut menuju candi untuk berdoa dan memberikan persembahan kepada Buddha yang duduk di puncak candi kuno tersebut.

Upacara, pawai peziarah, dan candi kuno yang suci memastikan pengunjung, tanpa memandang agama, mendapatkan pengalaman estetis dalam suasana spiritual dan budaya yang tak terlupakan.

Rangkaian Acara Setelah Waisak

Meskipun perayaan puncak Waisak 2568 BE telah terlaksana pada tanggal 23 Mei 2024, masih ada beberapa acara menarik yang dapat diikuti di Candi Borobudur pada akhir pekan ini:

  • Jumat, 24 Mei 2024

Mindful Walking Meditation: Bagi para pencinta meditasi, Candi Borobudur menawarkan sesi Mindful Walking Meditation pada pagi hari. Acara ini akan berlangsung dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB, mengajak peserta untuk berjalan mengelilingi candi dengan penuh kesadaran dan ketenangan.

  • Kamis-Minggu, 23-26 Mei 2024

Pasar Medang: Bagi yang ingin mencari cinderamata atau mencicipi kuliner khas Magelang, Pasar Medang di Main Gate Plaza Candi Borobudur akan berlangsung hingga tanggal 26 Mei 2024. Pasar ini buka dari pukul 07.00 hingga selesai, menawarkan berbagai macam produk menarik dan lezat.

Selain jadwal dan susunan peringatan waisak 2024 di borobudur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi