Lima Rumah di Belawan Ludes Terbakar, 4 Orang Tewas

| 04 Aug 2022 18:06
Petugas Damkar Kota Medan saat mengevakuasi korban kebakaran yang melahap lima unit rumah di, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Kamis (4/8/2022). (Ilham/ERA).

ERA.id - Kebakaran besar melanda sebanyak lima unit rumah permanen di Jalan Cilacap Barat, Gang Satu, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Kamis (4/8/2022). Akibatnya, empat orang dinyatakan meninggal dunia dan dua orang mengalami luka-luka.

Api diduga pertama kali berasal dari kompor gas sekira pukul 04.30 WIB subuh. Api kemudian dengan cepat membesar dan menyambar rumah lainnya.

Api kemudian berhasil dijinakkan setelah petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Medan menurunkan sebanyak tujuh unit armada dan berjibaku memadamkan api selama kurang lebih satu jam.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kota Medan, Albon Sidauruk mengatakan pihaknya mengevakuasi sebanyak empat orang korban jiwa dan dua orang luka-luka dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Albon menerangkan seluruh korban merupakan satu anggota keluarga yang terdapat di rumah pertama milik Hamidah (75).

"Jadi korban seluruhnya itu merupakan satu keluarga. Api pun diduga berasal dari rumah itu, diduga dari kompor gas saat mau masak," terangnya kepada Era.id.

Albon menyebut berdasarkan dari hasil penyelidikan sementara seluruh korban terjebak di dalam rumah setelah pintu dalam keadaan terkunci.

"Sementara ini, saat kebakaran kunci tidak terletak di pintu jadi mereka terperangkap. Jadi saya minta kepada masyarakat kalau bisa kunci pintu itu dilengketkan di pintu. Kita juga masih menunggu penyelidikan dari pihak berwenang," tambahnya.

Sementara itu adapun data korban tewas yakni Hamidah (75), Yafizam (50), Winda (46) M Julham (15). Sedangkan korban luka-luka Lisa (51) dan Mutiara (20). Selain itu, kerugian materi akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp375 juta.

Rekomendasi