Tugu Titik Nol Kota Medan Dirobohkan Hingga Rata Dengan Tanah, Begini Penjelasan Bobby

| 15 Aug 2022 21:25
Tugu Titik Nol Kota Medan Dirobohkan Hingga Rata Dengan Tanah, Begini Penjelasan Bobby
Tugu Titik Nol Kota Medan sudah dirobohkan petugas, Senin (15/8/2022). (Ilham/ERA).

ERA.id - Tugu Titik Nol Kota Medan yang berada di kawasan Lapangan Merdeka tepatnya di Jalan Balai Kota, Kecamatan Medan Barat, saat ini sudah dalam kondisi rata dengan tanah, Senin (15/8/2022).

Tugu yang tepat berdiri di depan bangunan heritage Kota Medan yakni Kantor Pos itu sudah mulai diratakan oleh petugas sejak, Jumat (12/8/2022) malam.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan hal itu merupakan salah satu bagian dari program Revitalisasi Lapangan Merdeka.

"Itu termasuk revitalisasi Lapangan Merdeka," katanya kepada wartawan usai melangsungkan pengukuhan Paskibra Kota Medan, di Kantor Wali Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Senin sore.

Bobby menjelaskan bahwa pihaknya akan kembali membangun Tugu Titik Nol Kota Medan seperti bentuk aslinya. Menantu Presiden Joko Widodo itu menegaskan bahwa Tugu Titik Nol Kota Medan yang asli cukup simpel dan kecil.

"Itu akan kita jadikan tugu lagi, diperbaiki bukan dihancurin diganti jalan, enggak. Justru tugunya nanti kita buat seperti tugu yang pertama kali dibuat, tugu kecilnya," terangnya.

"Itu tugu nya justru kalau dibilang heritage, dulu tugu nya kecil hanya ada penanda saja bukan tugu sebesar itu enggak," tambah Bobby.

Bobby kemudian meluruskan soal status Tugu Titik Nol Kota Medan yang disebut sebagai bangunan heritage Kota Medan. Suami Kahiyang Ayu itu menegaskan bahwa tugu tersebut bukan merupakan berstatus sebagai bangunan heritage Kota Medan.

"Kalau nol kilometernya heritage, yang heritage itu adalah Kantor Pos. Saya tanya memang kalau itu heritage ada lambang Bank Sumut, emang Bank Sumut udah lebih tua dari Kota Medan," jelas Bobby.

Bobby memastikan pihaknya sudah mendata seluruh bangunan heritage yang ada di Kota Medan. Wakil Ketua BPP Perhimpunan Pengusaha Muda (HIPMI) itu kembali memastikan tugu tersebut bukan bangunan heritage Kota Medan.

"Itu bukan heritage, yang heritage sudah kita data, semua bangunan heritage di Kota Medan walaupun bukan aset Pemko Medan itu sudah kita data semua, di situ Titik Nol Kota Medan dibangun Kantor Pos di situ memang bukan tugu yang sebesar itu memang titik nol di situ," pungkasnya.

Rekomendasi