Tiga Pasar di Solo Dibangun Tahun Depan, Pasar Jongke Akan Habiskan Anggaran Rp180 Miliar Pakai APBN

| 22 Aug 2022 18:36
Tiga Pasar di Solo Dibangun Tahun Depan, Pasar Jongke Akan Habiskan Anggaran Rp180 Miliar Pakai APBN
Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi, Senin (22/8/2022).

ERA.id - Pemerintah Kota Solo menjadwalkan tiga revitalisasi pasar di kota Solo yang akan dilakukan tahun depan. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan Detail Engineering Design (DED) untuk ketiga pasar ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (22/8/2022). Tahun ini pihaknya menyusun DED untuk tiga pasar, yakni Pasar Joglo, Pasar Mebel dan Pasar Jongke.

"Kalau untuk Pasar Joglo dan Pasar Mebel kami kerjakan selama APBD-P ini. Kalau untuk Pasar Jongke, dikerjakan oleh pusat, Pasar Kabangan juga. Nantinya Pasar Kabangan akan jadi satu dengan Pasar Jongke," katanya.

Untuk Pasar Joglo, saat ini tengah disusun pembangunannya. Konsepnya akan dibangun lebih sederhana dan tidak banyak menggunakan ornamen. Pasar yang mewadahi 100 pedagang ini akan dibangun seperti halnya Pasar Senggol Purwosari.

"Jadi hanya akan dibangun satu lantai, dibuat seperti hanggar saja. Lebih hemat dan pembangunannya lebih simpel," katanya.

Sementara untuk Pasar Jongke, seperti yang sudah disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, akan ada karakter tertentu yang dimunculkan. Sehingga warga bisa melihat ornamen-ornamen.

"Anggarannya senilai Rp180 miliar dengan menggunakan APBN. Konsepnya akan dibuat tenant-tenant untuk pelayanan dari dinas. DED sudah dibuat, diperkirakan bulan Oktober selesai dan langsung sosialisasi ke pedagang," katanya.

"Sedangkan untuk konsep Pasar Mebel dan Pasar Joglo akan dibuat sama. Untuk Pasar Mebel rencananya menggunakan anggaran senilai Rp22 miliar dengan sumber dana dari APBD," katanya.

Sayangnya Heru masih enggan menjabarkan anggaran yang akan digunakan untuk Pasar Joglo. Namun dipastikan akan menggunakan sumber dana dari APBD Kota Solo.

"Dua Pasar ini DED juga kami perkirakan Desember selesai," katanya.

Rekomendasi