Menolak Dibilang Anak Emas dalam Debat Cawapres 2024, Gibran: Proyek di Solo Sebelum Saya Lebih Banyak

| 22 Dec 2023 21:30
Menolak Dibilang Anak Emas dalam Debat Cawapres 2024, Gibran: Proyek di Solo Sebelum Saya Lebih Banyak
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapan layar)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menolak anggapan bahwa pembangunan di kota Solo dianakemaskan pemerintah pusat selama ia menjabat sebagai wali kota dalam Debat Perdana Cawapres 2024 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

"Saya jelaskan ya, sekarang Indonesia itu sudah memulai yang namanya pemerataan pembangunan. Yang dibangun bukan hanya Solo saja, 53 persen investasi kita sudah ada di luar jawa," jawab Gibran menanggapi pertanyaan cawapres Muhaimin Iskandar soal investasi dan proyek-proyek besar di Solo.

"Jadi tidak melihat ho ini dianakemaskan, oh enggak. Pemerataan pembangunan sudah terjadi di mana-mana, bukan hanya di Solo dan itu fakta loh Gus, proyek di Solo sebelum saya menjabat itu lebih banyak," lanjutnya.

Hal itu Gibran sampaikan selama sesi kedua Debat Perdana Cawapres 2024 di mana para peserta saling bertanya satu sama lain seputar tema yang diperdebatkan, yaitu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Muhaimin bertanya tips dan trik dari Gibran agar kota-kota di Indonesia bisa mendapat investasi ataupun proyek-proyek besar seperti di Solo.

"Saya ingin Pak Gibran menyampaikan tips and trick agar bupati dan wali kota yang lain bisa mendapat proyek besar," ujar Muhaimin di JCC, Jakarta Pusat, Jakarta (22/12/2023).

Menanggapi pertanyaan itu, Gibran menjawab pembangunan di kota Solo bukan hanya berasal dari pusat melalui Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN).

"Kita punya kebun binatang Solo Safari tidak pakai APBN, masjid tidak pakai APBN... jadi yang kita lihat ini Gus, tidak perlu tendensius seperti itu. Kita lihat impact-nya seperti apa," lanjutnya.

Debat kedua dalam rangkaian kampanye pemilu presiden yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini membahas tema seputar ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Sebelumnya, debat pertama yang mempertemukan ketiga calon presiden (capres) 2024 telah dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) lalu di Kantor KPU.

Rekomendasi