Bertemu Jokowi di Jakarta, Mantan Wali Kota Solo FX Rudy Bantah Bahas Isu Dirinya Jadi Menteri: Hoax, Siapa yang Mau Milih Orang Berkasta Rendah

| 30 Aug 2022 16:02
Bertemu Jokowi di Jakarta, Mantan Wali Kota Solo FX Rudy Bantah Bahas Isu Dirinya Jadi Menteri: Hoax, Siapa yang Mau Milih Orang Berkasta Rendah
FX Hadi Rudyatmo (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) FX Hadi Rudyatmo mengaku baru saja bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Dalam pertemuan ini mencuat isu FX Rudy bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

”Nggak ada yang memanggil. Memangnya kalau saya ke Jakarta mampir (ke istana). Saya ada kesempatan, kebetulan disuruh mampir (oleh Jokowi), ya saya mampir. Lha kebetulan saya ke Jakarta diberi waktu kemarin (Senin),” kata Rudy.

Menurut Rudy pertemuannya dengan Jokowi ini hanya sebatas makan siang. Keduanya menyantap makanan tradisional.

FX Rudy memanfaatkan kesempatan itu untuk mengulas perkembangan pembangunan senra industri kecil menengah (IKM) Mebel Gilingan, Solo.

”Yang jelas saya menyampaikan kepada Bapak Presiden bahwa IKM Mebel Gilingan yang dibangun Kementerian Perindustrian ke depan, mohon diberi anggaran lagi supaya bisa selesai,” katanya.

Terkait adanya isu dirinya akan ditempatkan sebagai Menpan RB, Rudy menampik kabar ini.

Ia menyanggah adanya pembahasan reshuffle dalam pembahasan tersebut. ”Itu hoaks. Nggak ada pembicaraan reshuffle,” katanya.

Ia mengaku tidak pantas untuk menempati jabatan tersebut. ”Sapa sing arep milih wong sudra (siapa yang mau milih orang berkasta rendah). Jadi menteri, saya itu nglenggana (menyadari) dan mau introspeksi diri. Saya tidak punya pendidikan yang lebih,” katanya.

Dirinya merasa lebih pantas berada di posisi saat ini, sebagai ketua DPC PDIP Kota Solo. Sehingga ia bisa fokus untuk melayani dan membantu masyarakat kota Solo.

”Saya lebih baik jadi orang begini saja, sudah senang saya. Sudah bersyukur bisa melayani masyarakat Kota Solo,” katanya.

Terkait siapa yang akan ditunjuk sebagai Menpan RB, ia menyerahkan hal itu sepenuhnya pada Presiden Jokowi. Ia percaya bahwa Jokowi mampu memilih orang yang tepat dan mumpuni.

”Saya memimpin Solo aja nggak berhasil, jadi menteri nanti malah semakin semrawut. Saya masih menilai saya gagal, gitu aja,” tandasnya.

Rekomendasi