Tekan Angka HIV/AIDS di Jabar, Wagub Uu Beri Solusi: Poligami dan Kawin Massal

| 30 Aug 2022 14:45
Tekan Angka HIV/AIDS di Jabar, Wagub Uu Beri Solusi: Poligami dan Kawin Massal
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul. (Foto: Antara)

ERA.id - Demi menekan angka HIV/AIDS di Jawa Barat (Jabar), Wakil Gubernur Uu Ruzhanul mengusulkan poligami dan menikah massal sebagai solusi.

Hal ini diungkapnya, lantaran jumlah kasus HIV/AIDS di Jawa Barat seperti fenomena gunung es, tidak terlihat di permukaana. Namun, di dalam sangat besar bentuknya.

“Saat ini di Bandung, kasus HIV sedang menjadi viral, melihat banyak ibu-ibu yang ternyata terinfeksi HIV AIDS, efek domino yang telah terlihat banyak juga anak-anak yang dinyatakan positif,” ungkap Uu di Bandung, Selasa (30/8/2022).

Merasa khawatir, Uu menyarankan poligami dan menikah. Katanya, hal tersebut dilakukan untuk menghindari zina dan penyakit kelamin lain.

Tidak hanya poligami, solusi yang diberikannya adalah gencar memberikan program sex education atau pendidikan mengenai seks kepada generasi muda.

“Daripada suami diam-diam jajan (melakukan seks bebas), poligami bisa menjadi solusi, karena akan berdampak pada istri kita sendiri yang tanpa disadari menularkan HIV/AIDS,” papar Uu.

Dirinya pun memahami, poligami akan menjadi wacana yang sangat sensitif. Untuk itu, diperlukan penyuluhan agar masyarakat mendapatkan ilmu baru yang jelas.

Sebelumnya diketahui, jumlah HIV/AIDS di Kota Bandung berada di angka yang cukup mengerikan. Angka tersebut berasal dari jumlah IRT yang terinfeksi sebanyak 11 persen dari 5.943 kasus pada tahun 1991-2021.

Rekomendasi