63 Ribu Warga Solo Bakal Dapat Bantuan BLT BBM, Gibran: Ada Bantuan Upah Pekerja di Bawah Rp3,5 Juta

| 05 Sep 2022 22:16
63 Ribu Warga Solo Bakal Dapat Bantuan BLT BBM, Gibran: Ada Bantuan Upah Pekerja di Bawah Rp3,5 Juta
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id - Sebanyak 63 ribu warga kota Solo akan menerima bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) mulai Selasa (6/9/2022). Penyaluran bantuan ini diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kantor Pos pasca adanya kenaikan BBM.

”Datanya sama seperti kemarin. Ada yang nggak dapat karena sudah meninggal, namun sudah digantikan juga,” kata Kantor Pos Besar Solo Muhammad Syarkawi di Solo, Senin, (5/9/2022).

Penyaluran bantuan ini dibagi dalam dua tahap, tahap pertama yakni Rp 300 ribu di bulan ini dan tahap kedua dengan nominal yang sama pada bulan November 2022. ”Senin undangannya disebar (kepada calon penerima), Selasa mulai pengambilan. Untuk targetnya selesai sepuluh hari (proses penyaluran BLT BBM,”  katanya.

Sebagai informasi pemerintah pusat mengalokasikan anggaran Rp 24,17 triliun untuk penyaluran BLT. Bantuan ini diberikan pasca adanya kenaikan BBM pada Sabtu (3/9/2022).

Terkait hal ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa beberapa pekan ke depan Pemkot Solo akan fokus untuk penebalan bantuan sosial.

"Ada yang BLT, bantuan upah untuk pekerja di bawah Rp3,5 juta, lalu ada alokasi 2 persen dari dana transfer umum, dana bagi hasil, dan DAU (dana alokasi umum)," katanya.

Rekomendasi