Miris, Kondisi Gedung Merdeka yang Jadi Saksi Sejarah Konferensi Asia Afrika di Bandung Kini Rusak dan Bocor

| 21 Sep 2022 15:25
Miris, Kondisi Gedung Merdeka yang Jadi Saksi Sejarah Konferensi Asia Afrika di Bandung Kini Rusak dan Bocor
Gedung Merdeka (Antara)

ERA.id - Beredar video berdurasi 25 detik yang memperlihatkan kondisi Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat rusak dan bocor heboh di media sosial, Twitter.

Padahal, Gedung Merdeka itu menjadi saksi sejarah pertemuan pertama Konferensi Asia Afrika.

Dari video tersebut, terlihat beberapa bagian mengalami kerusakan dan kebocoran. Selain itu, yang paling miris adalah kondisi plafon di salah satu toilet jebol.

Kerusakan dan kebocoran Gedung Asia Afrika (Istimewa)

Kemudian, video itu menampilkan kucuran air hujan yang mengalir deras pada salah satu bagian gedung berlatar rangkaian bendera berbagai negara.

Berdasarkan foto yang diterima tim Era.id, terlihat para petugas tengah menyiapkan beberapa ember untuk menampung kucuran air hujan di beberapa ruangan.

Tak hanya plafon yang jebol, beberapa dinding juga mengalami keretakan dan lembab diduga karena rembesan air hujan. Di bagian kanan bawah foto itu tercantum 3 September 2022 sebagai tanggal pengambilan gambar.

Kerusakan dan kebocoran Gedung Asia Afrika (Istimewa)

Video tersebut juga ramai diperbincangkan di media sosial, twitter. Video itu menghebohkan warganet setelah diunggah akun @txtdaribandung di Twitter pada Senin (19/9/2022) malam.

Warganet pun menyayangkan kondisi ikon Kota Bandung itu yang tak terawat.

"@ridwankamil tolong dibenahi Pak, mau ajak anak2 ke sana. Nanti mereka sedih kalau ga sesuai bangunannya. Takut salah fokus malah ke masalah bangunannya," tulis pemilik akun @armezahfauzi.

"Pengen banget ke museum ini belum dikasih kesempatan, masa sih padahal tempat bersejarah kaya gini gak dirawat dengan baik, braga aja dibagusin giliran tempat kaya gini gak diurus," ujar pemilik akun @AUliatkamu.

Sementara itu, Kepala Museum Konferensi Asia Afrika Dahlia Kusuma Dewi tak menampik rusaknya gedung itu. Akan tetapi, pihaknya tengah memperbaiki bangunan yang rusak.

"Jadi memang betul itu bocor betul, tapi sekarang sedang diperbaiki," kata Dahlia.

Kendati demikian, kata Dahlia, proses renovasi membutuhkan waktu dan persiapan matang mengingat Gedung Merdeka sebagai cagar budaya.

"Jadi karena ini kan gedung cagar budaya, jadi prosesnya waktu itu agak panjang. Pemprov sudah sejak pertengahan tahun pun sudah siap. Cuman harus izin dulu, karena cagar budaya di sini itu ada tim ahli cagar budaya," kata dia

Rekomendasi