Ridwan Kamil Siapkan Gedung KAA Hingga Festival Anak Muda Saat KTT Y20

Tim Editor

Gedung Merdeka (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil menyiapkan Gedung Konferensi Asia Afrika di Bandung untuk dijadikan tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) 2022.

Rencananya, KTT Y20 akan digelar di dua tempat yaitu DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat pada 17-22 Juli 2022.

"Summit Y20 nanti dipertengahan Juli, dua minggu lagi. Itu Gedung Konferensi Asia Afrika sudah kita sediakan," kata Emil dalam konferensi pers KTT Y20 secara daring, Sabtu (2/7/2022).


Pemilihan Gedung KAA sebagai tempat berlangsung KTT Y20 bukan tanpa alasan. Emil menuturtkan, dari segi historis KAA merupakan simbol bagaimana Indonesia menyuarakan perlawanan ketidakadilan di dunia lewat Dasasila Bandung.

Diharapkan, lewat Gedung KAA itu, empat isu prioritas yang akan dibahas dalam KTT Y20 juga menemukan semangat yang sama.

"Kita tahu, Bandung dan KAA sangat terkenal di seluruh dunia sebagai simbol sejarah bagaimana dari Indonesia kita menyuarakan perlawanan terhadap ketidakadilan, perlawanan terhadap kolonialisme," kata Emil.

"Nah, spirit melahirkan gerakan global yang luar biasa, tentunya spirit Bandung, spirit gedunng ini bisa menjadi sebuah semangat," imbuhnya.

Selain itu, dalam rangkatan acara KTT Y20 nanti juga akan diadakan Youth Inovation Festival yang diselenggarakan di Bogor, Jawa Barat pada 27 Agustus 2022.

Diharapkan, rangkaian acara tersebut akan menambah semarak perhelatan KTT Y20 di Jawa Barat, khususnya di Indonesia.

"Sehingga delegasi-delegasi dari 20 negara dan undangan lainnya, pulang dari Indonesia memberikan impresi bahwa masa depan dunia betul-betul difikirkan secara mendalam, secara substantif," kata Emil.

Lebih lanjut, mantan wali kota Bandung itu berharap, pesan yang diambil oleh para pemuda peserta Y20 nantinya bisa sampai ke pemimpin-pemimpin G20.

"Empat isu ini keren banget, relevan banget. Jangan selesai di komunike-nya sampai di Bali, dibacakan atau dibahas di summit G20," kata Emil.

Sebagai informasi, KTT Y20 meruapakan bagian dari serangkaian acara presidensi G20 yang puncaknya akan deselanggarakan di Bali pada November 2022.

Y20 merupakan forum bagi para pemuda, sebagai pemimpin masa depan, untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Nantinya, setiap negara anggota G20 akan mengirimkan paling tidak empat orang, dengan total lebih dari 80 delegasi. Diperkirakan, Y20 akan dihadiri oleh 100 pemuda dari berbagai delegasi.

Terdapat empat isu prioritas yang dibahas dalam KTT Y20. Diantaranya yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Tag: Gedung Asia Afrika bandung KTT Y20

Bagikan: