19 Ribu Warga Solo Terdaftar Jadi Penerima BLT APBD Solo

| 30 Sep 2022 08:25
19 Ribu Warga Solo Terdaftar Jadi Penerima BLT APBD Solo
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak 19.444 keluarga penerima manfaat (KPM) di Solo akan menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari APBD Kota Solo. Untuk penyaluran BLT ini akan disalurkan dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui Kamis (29/9/2022). Rencananya nominal yang akan disalurkan untuk masing-masing KPM yang bersumber pada anggaran APBD Kota Solo yakni Rp 600 ribu.

Saat ini pendataannya juga sudah dilakukan oleh Dinas Sosial, jumlah penerimanya ada 19.444 KPM.

”Dari Dinsos sudah ada pendataan,” katanya.

Menurut Gibran, data penerima BLT ini didata oleh beberapa dinas, yakni Dinas Perhubungan serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Mereka akan menerima bantuan senilai Rp 600 ribu untuk periode tiga bulan, Oktober, November dan Desember.

 ”Kita berikan bantuan Rp 600 ribu per KPM untuk digunakan selama tiga bulan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinsos Kota Solo Agus Santoso menambahkan bahwa jumlah penerimanya sebanyak 19.444. KPM ini disandingkan dengan data KPM penerima BLT dari Kementerian Sosial (Kemensos).

”Nanti datanya akan disandingkan agar penerimanya tidak dobel. Yang jelas datanya sudah kita sandingkan dengan pusat, biar penerimanya tidak dobel,” katanya.

Untuk penyaluran ini, Pemkot Solo akan bekerjasama dengan Bank Jateng. Penyaluran ini dilakukan di enam titik di lima kecamatan yang ada di kota Solo.

 ”Untuk bantuan ini kelompok sasarannya pedagang kaki lima, buruh gendong, ojol, juru parkir, buruh, sopir bendi, dan tukang becak,” katanya.

Rekomendasi