Usai NasDem Dekalarasi, Jokowi Ajak Ganjar Semobil Saat Kunker di Jateng, Bahas Anies?

| 03 Oct 2022 20:53
Usai NasDem Dekalarasi, Jokowi Ajak Ganjar Semobil Saat Kunker di Jateng, Bahas Anies?
Ganjar Pranowo dan Joko Widodo (Dok Twitter Ganjar)

ERA.id - Usai penetapan bakal capres Anies Baswedan oleh Partai Nasdem, kandidat kuat lainnya, Ganjar Pranowo, terlihat satu mobil dengan Presiden Joko Widodo.

Momen itu terjadi usai groundbreaking pabrik Wavin di Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10). Menurut Gubernur Jateng itu, banyaknya investasi yang saat ini sudah masuk ke Jawa Tengah adalah bukti kepercayaan investor kepada Indonesia.

"Kita senang sekali di tengah situasi ekonomi yang lagi sulit, ternyata kepercayaan investor cukup bagus dan masuk di Batang, Jawa Tengah. Menurut saya itu menunjukkan kepercayaan Indonesia di kancah luar bahwa kita negara yang siap dalam situasi apa pun dan kondusif sehingga investasi masuk," kata Ganjar.

Wavin merupakan anak usaha Orbia yang bergerak pada bidang bangunan dan infrastruktur dari Belanda. Perusahaan itu akan mendirikan pabrik di lahan seluas 20 hektar di Grand Batang City dan ditarget mulai beroperasi pada 2024. Nilai investasi Wavin di Indonesia  125 juta dolar AS atau sekira Rp1,9 triliun.

"Tentu senang ya hari ini Presiden hadir dan bisa menunjukkan kepada dunia di tengah situasi ekonomi yang sulit, investasi masih masuk di Jawa Tengah dan kita tunjukkan bahwa tingkat layanan kita pada investasi sangat serius," katanya.

"Jadi ini pelajaran yang cukup bagus di mana kawan-kawan di daerah, di Kabupaten Batang, tentu banyak di kabupaten/kota lain yang lain yang pra bupati/walikotanya sungguh-sungguh. Bagaimana investasi bisa masuk, layanannya mudah, murah, cepat dan integritasnya terjaga. Mudah-mudahan ini men-trigger daerah-daerah lain untuk nanti mempercepat atau mendorong investasi bisa berjalan," lanjut Ganjar.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa investasi saat ini menjadi rebutan banyak negara. Sebab dalam situasi dunia yang sedang sulit semua, investasi dapat memberikan nilai tambah sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. Penerimaan negara, baik dalam bentu pajak maupun cadangan devisa akan muncul.

"Dulu kita impor, setelah ada pabrik jadi impor sudah tidak ada lagi. Di Jateng tercipta lapangan kerja yang tidak kecil. Inilah yang terus akan kita kejar, investasi apapun karena sekali lagi itu menciptakan lapangan kerja. Pajak menambah penerimaan negara. Ini juga men-trigger perekonomian negara," ungkapnya.

Usai acara ini seperti terlihat dari video yang beredar, tampak Ganjar memasuki mobil RI1 di mana Jokowi telah berada di dalamnya. Momen yang dimunculkan spekulasi politik ini terjadi usai penetapan bakal capres Anies Baswedan oleh Nasdem.

Momen kebersamaan keduanya juga diunggah Ganjar di akun medsosnya di Twitter, Senin sore. Keduanya terlihat berjalan bersama di samping pesawat. "Berulangkali diskusi dengan Presiden, beliau konsen banget terhadap produk dan kualitas," cuit Ganjar sambil mengutip slogan Jokowi, "kerja, kerja, kerja".

Sehari sebelumnya, Minggu (2/10) Ganjar juga mengunggah foto yang bikin ramai di medsosnya. Ia berdiri di bawah baliho bergambar Puan dan bertuliskan "2024 Menang Spektakuler Hattrick". Sambil mengacungkan dua jempolnya, ia mencuit, 'Siap! @PDI_Perjuangan'.

Rekomendasi