Anggotanya Jilat Kue Ultah TNI, Kapolda Papua Barat Langsung Minta Maaf ke Pangdam Kasuari

| 06 Oct 2022 10:54
Anggotanya Jilat Kue Ultah TNI, Kapolda Papua Barat Langsung Minta Maaf ke Pangdam Kasuari
Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema.

ERA.id - Ada dua polisi dari Polda Papua Barat menjilat kue ulang tahun TNI. Videonya pun viral setelah itu. Belakangan, keduanya langsung dijebloskan dalam sel.

Saat heboh, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga langsung bergerak cepat menemui Pangdam XVIII/Kasuari.

Secara terbuka, Daniel meminta maaf. "Selaku pimpinan Polda Papua Barat, saya menyampaikan permohonan maaf dan bertanggung jawab atas tindakan dua oknum anggota yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan terhadap institusi TNI," ujar Daniel, Rabu malam kemarin.
 
Kapolda memastikan sanksi tegas menanti kedua anggotanya, karena sengaja menciderai soliditas antara TNI dan Polri. "Keduanya sudah ditahan dan sedang diproses oleh Propam Polda Papua Barat," kata Kapolda.

Kapolda Papua Barat berkomitmen melakukan koreksi dan perbaikan internal, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari yang dapat merusak citra institusi Polri.
 
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema menyatakan bahwa secara pribadi dan institusi TNI di jajaran Kodam Kasuari menerima permohonan maaf dari Kapolda Papua Barat.
 
Ia mengatakan, bahwa tantangan tugas ke depan masih banyak, sehingga ia berharap kepada seluruh anggota Kodam Kasuari agar lebih bijak melihat hal tersebut.
 
Pangdam juga mengarahkan seluruh prajurit jajaran Kodam Kasuari bersama prajurit TNI AL dan TNI Udara di Papua Barat agar tetap kompak bersama Polda Papua Barat.

Diketahui dalam unggahan sebuah video yang beredar di publik dua oknum anggota Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat terlihat menjilat kue ulang tahun yang hendak diantar dari Polda Papua Barat ke Kodam Kasuari pada puncak HUT ke-77 TNI.
 
Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi menyatakan bahwa kue tersebut sudah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua oknum anggota yang kini telah mendekam di sel Propam Polda Papua Barat.
 
"Dapat kami pastikan, bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti," tambah Kombes Pol Adam Erwindi.

Rekomendasi