Pemkot Solo Alokasikan Rp600 Juta untuk Penataan Lingkungan Masjid Syeikh Zayed

| 07 Oct 2022 16:37
Pemkot Solo Alokasikan Rp600 Juta untuk Penataan Lingkungan Masjid Syeikh Zayed
Masjid Raya Syeikh Zayed Solo (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengalokasikan anggaran untuk penataan lingkungan di kawasan di sekitaran Masjid Raya Syeikh Zayed Solo. Alokasi anggaran ini diperlukan untuk mendukung peresmian Masjid hadiah untuk Presiden Joko Widodo dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang akan dilaksanakan pada 17 November 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani pada Jumat (7/10/2022). Usai rapat koordinasi dengan perwakilan dari Uni Emirat Arab (UEA), dipastikan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 17 November 2022. Peresmian ini dilaksanakan pasca Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan menghadiri acara G20 di Bali.

"Besok 17 November peresmian. Rangkaian kunjungan dari Bali langsung dilakukan peresmian di masjid di Gilingan," kata Ahyani.

Dalam peresmian ini diperkirakan akan mengundang sekitar 500 orang. Selain Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan sebagai tamu VIP, diperkirakan para jajaran menteri dari UEA dan jajaran menteri Kabinet Kerja II.

"Tamunya dibatasi, paling hanya 500 orang, yang jelas pemberi bantuan akan hadir (Putra Mahkota UEA)," katanya.

Dalam peresmian ini ada berbagai macam persiapan yang dilakukan. Terutama terkait dengan persiapan masjid. Saat ini pembangunannya sudah mencapai tahap 90 persen. "Hanya tinggal finishing saja. Kebanyakan kan fabrikasi, jadi tinggal tempel-tempel. Kalau kelistrikan dan plumbing (perpipaan) sudah," katanya.

Untuk mendukung peresmian Masjid Raya Syeikh Zayed Solo ini, Pemkot Solo berencana mengalokasikan anggaran Rp600 juta. Anggaran ini digunakan untuk penataan lingkungan di sekitar masjid.

"Ya itu nanti yang mendukung Pemkot. Jalan Mentawai sama Jalan A Yani nanti nyambung ke pagar. Kami alokasikan karena fasilitas umum," katanya.

Untuk pengerjaan penataan kawasan lingkungan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Ahyani yakin jika waktu yang digunakan untuk penataan lingkungan mencukupi.

"Besok Senin sudah mulai. Cepat selesainya," katanya.

Rekomendasi